Seleksi Kompetensi Susulan PPPK Dijadwalkan Hari Ini

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pelaksanaan seleksi kompetensi susulan bagi peserta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) guru secara serentak kembali dilakukan di setiap kabupaten kota. Peserta yang ikut seleksi kompetensi susulan berjumlah 31 orang dari berbagai daerah di Kaltara.

“Nanti jam 2 ini pelaksanaannya, mereka yang tidak ikut ditahap 1 dengan disertai keterangan ya. Itu diambil dari tanggal 13 hingga 16 September, setiap hari kita susulkan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltara, Sudarsono kepada benuanta.co.id, Sabtu 18 September 2021.

Dia menuturkan, bagi peserta yang telah ikut seleksi kompetensi di Tempat Ujian Kompetensi (TUK) selama 4 hari kemarin, berjumlah kurang lebih 1.500 orang datanya telah masuk ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek).

“Data (ujian) sudah masuk tapi hasilnya belum keluar. Yang kita cantumkan di papan pengumuman itu adalah hasil pada saat mereka melaksanakan SKD itu,” bebernya.

Baca Juga :  Reforma Agraria Upaya Tuntaskan Tumpang Tindih Lahan di Bulungan

Kata dia, semua data tersebut nantinya di akumulasi dengan passing grade nilai yang akan dikeluarkan oleh Ditjen GTK Kemdikbudristek RI. Nilai ambang batasnya sama dengan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yang membedakan hanya dari kompetensinya.

“Misalnya guru PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dengan guru matematika itu beda. Kalau CPNS begitu selesai hasilnya sudah tahu lulus dengan tidaknya, kalau kami beda itu diolah lagi di pusat sana,” paparnya.

Baca Juga :  Sinergi Reforma Agraria di Bulungan Fokus Penataan Aset

Sudarsono menjelaskan, pengumuman hasil tahap 1 dilakukan pada tanggal 24 September 2021. Kemudian masa sanggahnya pada tanggal 24 hingga 27 September 2021, jawaban sanggahan dilakukan pada tanggal 27 September sampai 5 Oktober 2021 dan pengumuman hasil sanggah tanggal 5 Oktober 2021.

“Pengumuman dan pemilihan formasi 2 itu dilaksanakan pada tanggal 9 Oktober dan pengumuman daftar peserta, waktu dan tempatnya,” jelasnya.

Kemudian pelaksanaan seleksi kompetensi tahap 2 sendiri akan dilakukan pada tanggal 26 hingga 30 Oktober 2021 mendatang. (*) 

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *