oleh

Gempa Magnitudo 3,6 Guncang KTT, Terasa Kuat di Wilayah Tanah Merah

benuanta.co.id, TARAKAN – Kabupaten Tana Tidung (KTT) diguncang gempa bumi tektonik pada Rabu, 15 September 2021, pukul 18:26:21 WITA.

Hal itu dirasakan warga Kecamatan Tanah Merah, KTT yang sempat panik dengan guncang gempa tersebut.

“Kaget dan langsung siap-siap selamatkan diri saat guncangan. Sebentar saja gempanya, tapi lumayan terasa juga guncangannya,” terang Susi salah seorang warga Tanah Merah kepada benuanta.co.id pada Rabu, 15 September 2021.

Baca Juga :  UKW Jenjang Muda di Kaltara, 46 Wartawan Raih Predikat Kompeten

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=3.6 terjadi pada koordinat episenter pada 3.71 LU dan 117.75 BT, atau tepatnya berlokasi 42 km Timur Laut Tarakan, Kaltara pada kedalaman hiposenter 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya1, S.Si melalui BMKG Tarakan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter.

Baca Juga :  Akabri 98 Nawahasta laksanakan Vaksinasi dan Baksos di Mako Polda Kaltara

“Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal,” jelas Tony pada malam ini.

Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Tana Tidung dengan intensitas II-III MMI alias getaran dirasakan nyata di dalam rumah. “Terasa getaran seakan-akan ada truk lewat,” lanjutnya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut.

Baca Juga :  UKW LSPR, Sekprov Harapkan Wartawan Kaltara Makin Kompeten dan Profesional

“Hingga pukul 21.25 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” terangnya melalui laporan tertulis.

BMKG mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Tana Tidung (KTT) agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*)

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed