oleh

DPRD Kaltara Harapkan Pemprov Atasi Lahan Tidur Agar Produktif

benuanta.co.id, TARAKAN – DPRD Provinsi Kalimantan Utara meminta Pemerintah Provinsi Kaltara segera mengambil langkah agar lahan-lahan di Kalimantan Utara semakin produktif bagi sektor pertanian.

Merespon dukungan Menteri Pertanian (Mentan) RI, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta bantuan program dan kegiatan pertanian kepada Pemprov Kaltara senilai Rp 16,9 miliar, Ketua DPRD Kaltara, Norhayati Andris mendorong Pemprov Kaltara menindaklanjuti program tersebut.

“Kita berharap Pemprov Kaltara segera evaluasi izin lahan di Kaltara dan inventarisir lahan-lahan yang dikelola oleh perusahaan, instansi serta bila memungkinkan mereka bisa meminjamkan kepada masyarakat untuk bertani dan dibina oleh pemerintah,” kata Norhayati kepada benuanta.co.id pada Selasa, 24 September 2021.

Baca Juga :  Bupati dan DPRD KTT Monitoring Pembangunan Infrastruktur

Dikatakan Norhayati Andris, masa pandemi Covid-19 seperti ini sektor yang masih stabil yakni pertanian, perikanan, peternakan sehingga potensi tersebut harus dikelola sebaik mungkin seperti arahan Menteri Pertanian.

“Arahan pak Menteri Kaltara ini punya potensi yang besar di sektor pertanian, maka itu katanya dia siap membantu pembangunan sektor pertanian. Sayang sekali kalau kita masih mengandalkan bahan pangan dari luar Kaltara, sedangkan Kaltara juga punya potensinya,” tambahnya.

Baca Juga :  Disdikbud Kaltara Optimis Bisa PTM Serentak Oktober Ini

Norhayati mengatakan seperti halnya peternakan Kambing Boer itu juga diinginkan pak Menteri untuk tembus ekspor ke Brunei Darussalam.

“Sebaiknya peternakan kambing boer dilakukan se Kaltara. Dinas terkait segera sosialisasikan ke masyarakat dan beri pelatihan serta dampingi mereka untuk mengikuti KUR agar dapat terbantu permodalannya,” tuturnya.

Kemudian, politisi PDI Perjuangan itu menegaskan agar pemerintah, pelaku usaha dapat mengeksekusi hal tersebut selama 3 bulan ke depan sesuai arahan menteri.(*)

Baca Juga :  KAHMI Kawal Pernyataan Gubernur untuk Apresiasi Guru yang Mengabdi Puluhan Tahun

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed