oleh

Percepatan Vaksinasi, Kecamatan Tanjung Palas Ditarget 10 Ribu Dosis  

benuanta.co.id, BULUNGAN – Bupati Bulungan, Syarwani melakukan pembahasan bersama seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bulungan membahas percepatan vaksinasi. Hal itu dianggap perlu dilakukan sebelum kunjungan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Oktober mendatang di Kalimantan Utara (Kaltara).

Syarwani mengatakan, strategi yang akan dilakukan yaitu vaksinasi massal untuk seluruh wilayah Kecamatan. Namun, fokus saat ini pemberian vaksin kepada masyarakat di Kecamatan Tanjung Palas Timur.

“Fokus bahasan kita bersama Forkopimda adalah di Kecamatan Tanjung Palas Timur, kita sudah ada tentatif jadwal sampai 25 September,” kata Syarwani kepada benuanta.co.id, Selasa 14 September 2021.

Percepatan vaksinasi ini, pihaknya akan melakukan sistem jemput bola dengan mendatangi setiap desa di Kecamatan Tanjung Palas Timur yang berjumlah 8 desa. Di antaranya Desa Mangkupadi, Tanah Kuning, Binai, Sajau Pura, Sajau Hilir, Sajau Pungit, Wonomulyo dan Tanjung Agung.

Baca Juga :  Polisi Amankan 2,8 Kg Sabu, Diduga Pemilik Barang Napi Lapas Tarakan

“Mulai hari ini (Selasa) berjalan, kita tidak mengumpulkan di ibu kota kecamatan tapi fokus ke setiap desanya. Misalnya hari ini Binai,” ungkapnya.

“Kemudian di 15 hingga 17 September 2021 di Desa Mangkupadi, karena desa ini memiliki beberapa wilayah yang luas seperti Kampung Baru dan Karang Tigau. Jadi tidak ada mobilisasi dari Karang Tigau ke desa induknya,” tambahnya.

Mantan Ketua DPRD Bulungan ini menyebut, kuota vaksin yang disiapkan di Kecamatan Tanjung Palas Timur kurang lebih 10 ribu. Sasarannya anak sekolah, lanjut usia (lansia) dan masyarakat umum.

Baca Juga :  Usai Pembangunan Turap, DKP Kaltara Pastikan Nelayan Masih Bisa Parkir Perahu di Perikanan

“Yang prioritas adalah yang belum vaksin sama sekali, vaksin dosis satu yang kita kejar,” sebutnya.

Syarwani menuturkan, persentase masyarakat yang telah di vaksin di Bulungan berada di atas 50 persen, terlebih jika vaksinasi di Tanjung Palas Timur sudah berjalan. Pasalnya, rilis data Dinkes Bulungan saat ini sudah diangka 40 persen bagi masyarakat yang vaksin dosis pertama dan kedua.

“Itu bisa di atas 50 persen, apalagi stok vaksin untuk 10 kecamatan jika berjalan itu hampir 50 ribu vaksin ini yang sudah siap,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bulungan Imam Sujono menjelaskan, sasaran vaksinasi di Bulungan berdasarkan estimasi pusat sebanyak 118.941 orang. Sedangkan total sasaran vaksinasi estimasi daerah sebanyak 116.060 orang.

Baca Juga :  Kapolda Buka Rakernis SDM Polda Kaltara T.A. 2021

“Sasaran pelayanan vaksinasi pada tenaga kesehatan sebanyak 1.451 orang. Pada lansia sebanyak 8.173 orang, pelayan publik sebanyak 11.644 orang, masyarakat rentan dan umum sebanyak 80.993 orang dan pada remaja sebanyak 16.680 orang,” jelas Imam.

Kemudian fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Bulungan yaitu di Puskesmas Tanjung Selor, Tanjung Palas, Bumi Rahayu, Antutan, Salimbatu, Bunyu, Tanah Kuning, Long Beluah, Long Bang, Sekatak dan Pimping.

Ada juga di KKP Kelas II Tarakan Cabang Tanjung Selor, Klinik Polres Bulungan, Polkes Korem, Pos Dinkes Bulungan dan RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed