oleh

Wakil Bupati Nunukan Serahkan Mesin Cultivator untuk 8 Kelompok Tani

benuanta.co.id, NUNUKAN – Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, menyerahkan secara langsung bantuan Dana Insentif Daerah (DID) berupa alat produksi pertanian (Alsintan) Cultivator kepada 8 kelompok tani di kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan, Ahad (12/9/2021).

“Sebagai pemerintah, tentu kami mengharapkan kebutuhan masyarakat Nunukan terpenuhi dengan hasil panen yang meningkat. Hal tersebut juga perlu disokong oleh peralatan yang modern. Bisa saja hasil panen juga dipasarkan ke luar daerah,” Kata Hanafiah, Ahad (12/9/2021).

H. Hanafiah berpesan, kepada kelompok tani yang menerima bantuan diharapkan untuk benar-benar memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya dan seoptimal mungkin.

Baca Juga :  Cegah TPPO di Perbatasan, DP3AP2KB Nunukan Gencarkan Sosialisasi

Selain itu, Kasi Pupuk dan Alsintan DPKP Kabupaten Nunukan, Edy Chandra menyampaikan anggaran pengadaan alat ini merupakan DID, sehingga diharapkan petani menjaga dan merawatnya dengan baik.

“Setelah digunakan harap bisa dibersihkan dan disimpan dengan baik, bahkan jika bisa jangan sampai alat ini menganggur,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Nunukan, Masniadi menuturkan semua penerima bantuan merupakan kelompok tani yang mengajukan permohonan proposal usulan sesuai mekanisme.

Baca Juga :  Pembangunan 18 Sekolah Perbatasan Rampung, Pemkab Nunukan Tunggu Penyerahan dari PUPR

“Jika kelompok tani lain juga ingin dapat bantuan, terlebih dahulu membuat pertemuan dengan penyuluh dan diusulkan lewat penyuluh pakai proposal ke DPKP Kabupaten Nunukan,” tuturnya.

Dijelaskan Masniadi, permohonan kelompok tani ke DPKP akan ditampung terlebih dahulu. Kemudian akan dibandingkan ketersediaan anggaran serta urgensinya dalam peningkatan kesejahteraan petani bahkan peningkatan produksi pertaniannya.

Baca Juga :  Bupati Nunukan Berharap Kearifan Lokal Pangan Lahirkan Kudapan Baru

Untuk diketahui, ke delapan kelompok tani itu yang diberikan bantuan adalah, Fajar, Sinar Harapan, Tanjung Lima II, Sumber Rejeki, Pesona Mansapa, Kemasean, Subur Tani, dan Germa Nunukan. (*)

Reporter: Darmawan
Editor : Matthew/Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *