Ketua IDI Kaltara: Air Kelapa Menghilangkan Efek Vaksin, HOAX!

benuanta.co.id, TARAKAN – Banyaknya stigma masyarakat yang mengatakan bahwa meminum air kelapa sebelum dan sesudah vaksin dapat menghindari efek Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Kipi) dan racun.

Hal ini pun ditepis oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Kalimantan Utara, dr. Franky Sientoro meminum air kelapa atau tidak sama sekali tidak membawa pengaruh apapun setelah divaksin.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1988 votes

“Tidak, tidak usah minum buat apa juga tidak berpengaruh juga, tapi kalau mau minum ya silahkan yang pasti tidak berpengaruh apapun,” ujarnya, Ahad (12/9/2021).

Baca Juga :  Dokter Ungkap Hal Salah Kaprah soal Diabetes yang Diwariskan pada Anak
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kaltara, dr. Franky Sientoro.

Direktur Utama RSUD Tarakan ini malah lebih menganjurkan minum air putih untuk memberi efek dingin pada tubuh setelah divaksin.

“Kalau lebih bagus air putih aja yang banyak itu, kan tubuh sedang hangat minum air putih lebih segar,” tambahnya.

Menurut pandangan medisnya, tidak ada makanan atau minuman yang dapat mencegah efek Kipi pada vaksin.

Baca Juga :  Persetujuan Pembentukan Pengadilan PHI dan Tipikor Kaltara Agustus Ini?

“Ya tidak ada lah minum begitu tidak berpengaruh, Kipi itu tidak menyebabkan orang sampai meninggal yang ada hanya bengkak-bengkak saja sama demam,” terangnya.

Dikutip dari laman antaranews.com, Dokter ahli penyakit dalam Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh Edi Hidayat mengatakan vaksin yang sudah disuntik tersebut bukan racun seperti yang selama ini disangka oleh sebagian besar masyarakat di Tanah Air.

Baca Juga :  Sosek Malindo Bertujuan Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Wilayah Perbatasan

“Jadi, jangan berpikir minum air kelapa untuk menetralisasi racun. Vaksin itu bukan racun,” kata Edi Hidayat menegaskan.

Namun, bagi masyarakat yang gemar meminum air kelapa untuk meningkatkan imunitas, hal tersebut boleh-boleh saja. Asalkan masyarakat tidak berpikir bahwa dengan meminum air kelapa akan menurunkan fungsi vaksin COVID-19. Itu adalah kekeliruan dan sama sekali tidak benar,” katanya. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *