oleh

Atasi Blankspot Diskominfo Nunukan Terima 144 VSAT Satelit 

benuanta.co.id, NUNUKAN – Dinas Kominfo dan Statistik Persandian Sektoral Kabupaten Nunukan, tahun ini menerima bantuan 144 VSAT dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Informasi (BAKTI) Kominfo. Bantuan ini tersebar untuk berbagai kantor kecamatan, desa, sekolah dan Polisi sektor (Polsek) yang ada di kabupaten Nunukan.

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, mengatakan, adanya bantuan itu merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Nunukan dan yang dinantikan sejak lama. Sebab, telekomunikasi saat ini berperan sangat penting.

“Saat ini masyarakat sangat membutuhkan akses internet yang seluas-luasnya. Saya itu berharap akses internet melalui seluler dan Vsat (satelit) dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan ekonominya,” kata Laura, Ahad (12/9/2021).

Baca Juga :  Pilkades Serentak Nunukan, Wabup Hanafiah Tinjau TPS

Selain itu, Bupati Laura juga mengharapkan agar masyarakat nantinya dapat menggunakan paket internet untuk hal-hal yang positif. Misalnya sebagai sarana belajar, mendapatkan informasi dan pengetahuan, atau bisa mendatangkan tambahan penghasilan.

Sementara itu, Kepala seksi Pengelolaan Infrastruktur dan Keamanan Sistem Elektronik Dinas Kominfo dan Statistik Persandian Sektoral Kabupaten Nunukan, Rahmansyah, menyebut, sebenarnya bantuan VSAT ini untuk tahun 2020. Pemerintah Kabupaten Nunukan telah melakukan pengusulan sejak awal tahun 2020. Tetapi karena ada refocusing anggaran, maka BAKTI baru memberikan bantuan tersebut di tahun 2021.

Baca Juga :  HUT ke-22 Nunukan, Laura Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri

“Ada 144 VSAT dari BAKTI yang sudah di petakan tempatnya dan sedang proses pengiriman ke lokasi. Yang dapat bantuan itu di antaranya adalah Polsek Krayan, Pos Pamtas Krayan, SMPN 2 Lumbis Ogong, SMKN 1 Krayan, SDN 001 Tulin Onsoi dan lainnya,” sebut Rahmansyah.

Perlu diketahui, pembangunan akses internet di wilayah 3T telah dilakukan oleh pemerintah sejak tahun 2015. Program akses internet BAKTI telah dimanfaatkan untuk mendukung layanan pendidikan dan kesehatan oleh masyarakat. Desa-desa yang sudah tersentuh sinyal dan akses internet diharapkan mampu mengembangkan dirinya dengan lebih sebaik-baiknya. (*)

Baca Juga :  Sempat Langka, Bupati Laura: 120 Ton BBM Dipasok Hari Ini

Reporter: Darmawan

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *