SYL Instruksikan Lahan Siap Bangun untuk Pengembangan Pertanian di Kaltara

benuanta.co.id, BULUNGAN – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama rombongan tiba di Kabupaten Bulungan pada Sabtu, 11 September 2021. Kedatangan Rombongan Menteri Pertanian ini langsung menuju ke Mandiri Farm lokasi Peternakan Kambing Boer di Desa Apung.

Kegiatan pertama melakukan pemanenan tanaman Indigofera, setelah itu meninjau lokasi – lokasi peternakan dan panen Cempe atau anak kambing usia 2 bulan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1586 votes

“Saya harap tidak hanya ini, agar kiranya lokasi Farm ini ditambah lagi menjadi 200 hektare,” ucap Syahrul Yasin Limpo kepada benuanta.co.id, Sabtu 11 September 2021.

Baca Juga :  Sidak Takjil hingga Produk Tanpa Izin Edar Sasar Pasar dan Ritel di Bulungan  

Kaltara sendiri memiliki banyak potensi, yang tidak kalah dengan daerah lain. Dirinya pun meminta Gubernur Kaltara dan Bupati Bulungan agar menyiapkan lahan yang siap dibangun.

“Saya minta Gubernur dan Bupati untuk siapkan lahan existing seluas 20 hektare untuk demplot,” jelasnya.

Dirinya berharap agar lahan yang dimiliki Kaltara digarap maksimal karena memiliki lahan pertanian yang luas. Menurut dia Bulungan mempunyai lahan yang bagus untuk dijadikan lahan peternakan, perkebunan, tanaman pangan dan buah-buahan.

“Jadi ini supaya disusun konsepnya yang lebih kuat, tentu bukan program yang menghayal tapi program yang realistis yang bisa kita jangkau cepat dan bisa kita kembangkan,” tutur mantan Gubernur Sulawesi Selatan 2 periode ini.

Baca Juga :  Pertamina: Stok dan Penyaluran BBM, LPG serta Avtur Aman di Kaltara 

Kemudian hal lain yang ada, yakni mengoptimalkan kredit usaha rakyat (KUR) oleh Presiden RI Joko Widodo yang telah disiapkan, agar Kaltara menjadi kekuatan baru khususnya sektor pertanian dan ekonomi.

“Dana KUR yang kita turunkan ratusan miliar di sini secara terukur agar disikapi oleh Gubernur dan dari Kementerian akan melakukan asistensi,” paparnya.

SYL juga berjanji akan menyerahkan bibit sperma yang unggul ke Kaltara sekitar 10 ribu agar dikembangkan.

“Jadi semua dirjen yang ikut semua dapat bagian di Kaltara, jangan tinggal diam tapi ambil bagian,” cetusnya.

Baca Juga :  Gubernur Koordinasikan Ekstra Flight Khusus Mudik Lebaran 

Kesempatan itu juga, SYL menyerahkan bantuan program kepada Pemprov Kaltara yang dikhususkan pada bidang tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan kesehatan hewan, sarana dan prasarana pertanian serta ketahanan pangan sebesar Rp 16.912.307.000.

Dalam kunjungan singkatnya ke Bulungan, SYL juga menyempatkan diri melepas ekspor komoditas lada sebanyak 28 ton senilai Rp 1.26 miliar asal Provinsi Kaltara ke Negara Vietnam. Kemudian selama kunjungan ini pengamanan yang ketat juga dilakukan oleh kepolisian bersama TNI. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *