oleh

Gubernur Inginkan Lahan Tidur di Kaltara Kembali Dimanfaatkan jadi Lahan Sawah 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Gubernur Kaltara Drs Zainal Arifin Paliwang mengaku kehadiran Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo sangat dinantikan masyarakat, khususnya para petani dan peternak di Bulungan.

“Kami sangat bangga atas kedatangan pak Menteri Pertanian, karena sudah lama kami nantikan kehadirannya ke Kaltara,” ungkap Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang kepada benuanta.co.id, Sabtu 11 September 2021.

Dalam kunjungan Menteri Pertanian beserta rombongannya ke Bulungan, semua pejabat hadir menyambut di antaranya Ketua DPRD Kaltara Norhayati Andris, Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP, Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono, Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Suratno, Bupati Bulungan Syarwani dan Wakil Bupati Bulungan Ingkong dan pejabat lainnya.

“Sudah berapa kali dijadwalkan hadir, karena terbentur adanya Covid-19, baik penerapan PPKM hingga terjadi zona merah di Bulungan. Tapi setelah zona merah tidak terjadi baru bisa datang,” bebernya.

Baca Juga : 

Di hadapan Menteri Pertanian sekaligus mantan Gubernur Sulawesi Selatan 2 periode, Gubernur Kaltara memaparkan lokasi peternakan Kambing Boer di Bulungan Mandiri Farm ini tergolong baru, awal berdirinya bulan Februari 2021 lalu.

“Baru terbangun belum 1 tahun, diprakarsai oleh Cheito Karno suatu kegiatan yang berpotensi untuk dikembangkan di setiap wilayah di Kaltara,” jelas Zainal Paliwang.

Kata dia, hasil biakan kambing Boer ini tak hanya untuk dipelihara sendiri, oleh pemiliknya anakan kambing tersebut akan dikembangkan dan dibagikan kepada peternak lainnya. Di mana saat ini sudah ada beberapa mitra yang tersebar di beberapa kecamatan di Bulungan.

“Jika sudah banyak anakan kambing yang di produksi di sini akan dibagikan kepada petani-petani. Supaya kambing jenis Boer ini bisa berkembang pesat,” ucapnya.

Mantan Wakapolda Kaltara ini menuturkan untuk pasaran kambing asal Afrika Selatan ini telah bekerja sama dengan Negara Brunei Darussalam. Sehingga kambing tersebut tak hanya di konsumsi di Kaltara tapi juga menjadi nilai ekonomi untuk dijual ke luar negeri.

“Kita juga bekerja sama dengan Brunei Darussalam, pada saat hari raya Idul Adha nanti Brunei akan mengambil kambing dari Kalimantan Utara,” sebutnya.

Tak hanya bertatap muka, Gubernur Kaltara juga menyerahkan proposal kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo agar bisa menjadi perhatian, sehingga bisa memajukan potensi pertanian dan peternakan di Provinsi Kaltara.

“Kita tahu potensi pertanian, perkebunan dan peternakan di Kaltara belum tergarap maksimal. Jika kita kompak maka InsyaAllah Kaltara akan maju dengan pertanian dan peternakannya,”

Gubernur Kaltara menambahkan semangat bertani di Kaltara cukup besar terutama berladang, bersawah dan bertani. Sehingga dirinya mendorong semua lahan tidur dan yang tidak produktif dikelola untuk dijadikan lahan sawah. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed