oleh

Berkat Pertahanan UMKM, Ekonomi Kota Tarakan Pelan-pelan Merangkak Naik

benuanta.co.id, TARAKAN – Wali Kota Tarakan dr. Khairul, M.Kes mengklaim ekonomi masyarakat di Kota Tarakan sudah perlahan menunjukkan peningkatan sejak pandemi melanda.

Diketahui, dampak pandemi Covid-19 terhadap roda perekonomian rakyat Indonesia cukup terdampak. Bahkan tahun lalu terjadi resesi.

Berdasarkan data yang dimiliki Pemkot Tarakan,  pada triwulan I ekonomi Bumi Paguntaka tumbuh positif sebesar 0,38% kini di triwulan II meningkat pada angka 60,3%.

“Kita berusaha melakukan penerapan PPKM dengan agak longgar gitu dibandingkan daerah lain, alhamdulillah hitungan pada triwulan satu dan dua bisa merangkak tumbuh,” ujar dia.

Baca Juga :  Proyek Sungai Perikanan, Ketua DPRD Kaltara Minta Dinas Terkait Carikan Solusi untuk Nelayan

Tak hanya pelonggaran saja, dalam upaya terus membangkitkan perekonomian di tengah pandemi Pemerintah Kota Tarakan juga telah menyiapkan market place nasional dengan total 400 pelaku UMKM dapat bergabung.

Lanjutnya, tak berhenti sampai disitu, upaya demi upaya melalui promosi pemerintah kota Tarakan meminta masyarakat terus menggunakan produk-produk lokal.

“Termasuk juga saya perintahkan ke setiap dinas untuk membeli produk UMKM salah satunya saya arahkan ke ASN agar memakai batik lokal setiap Kamis,” beber Khairul.

Sementara itu, Owner Lapis Tarakan, Sushanti Mulyadi turut merasakan beratnya bertahan diawal pandemi melanda Tarakan.

Baca Juga :  378 Ibu Hamil di Tarakan Ikut Vaksinasi Jenis Sinovac

“Kami mengalami beberapa krisis yang menyebabkan juga teman-teman yang lain tidak sanggup dan ada yang gulung tikar (bangkrut), bagaimana cara menggaji karyawan dengan keterbatasan omzet itu semua kami lalui,” ujar dia.

Namun, di tengah wabah virus diikuti wabah ekonomi pada krisis awal pandemi, pegiat UMKM bergandengan tangan untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar tetap bisa melanjutkan produksi ditengah pandemi.

Untuk saat ini beberapa pelaku UMKM termasuk Sushanti sendiri telah menggunakan market place sebagai alternatif penyelamat produk yang di pasarkan.

Baca Juga :  3 Hari Tenggelam, Hamzah Ditemukan Tengkurap Tak Bernyawa di Perairan Tanjung Pasir

“Market place sangat membantu sekali, Instagram, FB, Bukalapak, Shopee dari situ kami tetap eksis dan survive (bertahan)sangat terbantukan sekali,” tegasnya

Sushanti berharap untuk ke depannya pemerintah kota Tarakan dapat terus memberikan sumbangsih berupa motivasi dan promosi kepada pegiat UMKM.

“Kami sangat ingin sekali pemerintah kota untuk bisa menggunakan produk lokal membantu marketing dan memberikan edukasi kepada bisnis pemula,” tukasnya. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed