oleh

September Ini, Beasiswa Kaltara Unggul Bakal Diluncurkan  

benuanta.co.id, TARAKAN – Tak lama lagi beasiswa Kaltara Unggul akan diluncurkan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH.,M.Hum pada September 2021 ini. Kabarnya, jumlah nominal dan kuota beasiswa ini diketahui semakin tinggi dibanding sebelumnya.

Hal ini disampaikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara kepada Komisi IV DPRD Kaltara saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung SMK Negeri 1 Tarakan.

Kepada benuanta.co.id, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Teguh Hendri Susanto menerangkan, beasiswa Kaltara unggul akan dilaunching pada tanggal 20 September 2021 mendatang di Universitas Borneo Tarakan.

Baca Juga :  Tak Lagi Sembarang Tempat, Perda KTR Mulai Disosialisasikan di Kaltara

“Kebijakan pak gubernur menetapkan sasaran penerimanya itu siswa SD, SMP, SMA, SMK sampai mahasiswa pascasarjana,” terang Teguh.

Saat ini penyaluran bantuan pendidikan tersebut tak lagi melalui dewan pendidikan seperti sebelumnya, melainkan langsung ditangani oleh OPD terkait. “SD sampai SMA dan SMK dikelola oleh Disdikbud, sedangkan keagamaan dan perguruan tinggi dikelola oleh Biro Kesra Pemerintah Provinsi Kaltara,” tambahnya.

Pihaknya memastikan beasiswa Kaltara unggul ini dapat tersalurkan dan membantu generasi muda Kaltara yang sedang menempuh pendidikan hingga selesai.

Baca Juga :  Dapat Restu Pengurus DPD Hanura, Muncul Calon Tunggal Sebagai Ketua DPC

“Terkait kuota belum bisa dipastikan karena data masih di Biro Kesra. Beasiswa ini akan berlanjut setiap tahunnya karena antusias dan harapan masyarakat agar peroleh bantuan pendidikan itu tinggi. Kalau untuk mahasiswa asal Kaltara yang sedang menempuh pendidikan di luar Kaltara bisa mendaftarkan secara online,” jelasnya.

Melalui forum rapat tersebut, Komisi IV DPRD Kaltara, Khaeruddin Arief Hidayat yang mengawal bidang pendidikan itu berharap konsistensi penyaluran beasiswa tersebut harus tepat sasaran dan kuotanya optimal.

“Kita harus mendukung kesempatan belajar bagi generasi Kaltara. Mengenai kuota dan nominal beasiswa perlu ditingkatkan, tidak seperti yang lalu. Awalnya nominalnya lumayan menunjang, eh mendekati Pilkada malah dikurangi supaya banyak yang mendapatkannya,” ujar Khaeruddin Arief Hidayat.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Harapkan Beasiswa Kaltara Unggul Tersalurkan 100 Persen

Mantan Wakil Walikota Tarakan periode 2014-2019 itu juga menegaskan, agar pemerintah meningkatkan kuota dan nominal beasiswa bagi pelajar tersebut.

“Buat apa nominal yang kecil untuk anak-anak kita yang sedang menempuh pendidikan di luar daerah, malah tak sebanding dengan proses mengurusnya,” tutup Arief. (*)

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *