oleh

3 Kepala Kantor Kemenag di Kaltara Pindah Tugas, Ini Pesan Kakanwil

benuanta.co.id, BULUNGAN – Puluhan pejabat yang berada di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kaltara resmi pindah tugas (mutasi). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulungan Hamzah dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Kaltara.

Tak hanya Hamzah, setidaknya ada 14 orang lainnya juga mendapatkan promosi jabatan. Kepala Kanwil Kemenag Kaltara Drs Saifi pun mengambil sumpah jabatan pejabat administrator, pengawas dan Kepala KUA di lingkungannya.

“Sebanyak 15 ASN dilantik pada jabatan baru. Mulai dari jabatan Kepala Kantor Kemenag hingga Kepala Bidang pada jabatan Eselon III,” ucap Saifi kepada benuanta.co.id, Rabu 8 September 2021.

Untuk jabatan kepala kantor Kemenag Bulungan kini diemban oleh Saimin yang sebelumnya sebagai Kasi Urusan Agama Islam, Bina KUA dan Keluarga Sakinah pada Bidang Haji dan Bimbingan Masyarakat Islam.

Baca Juga :  Potensi Gangguan Jaringan, Tes SKD Hari Ini Digeser Pada Sesi Akhir

Jabatan Kakan Kemenag Malinau akan dijabat oleh Sapriansyah Alie, sebelumnya sebagai Kabid Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Kaltara. Jabatan Kakan Kemenag Nunukan dari

M Saleh akan diemban oleh Muhammad Ramli dari Kabid Haji dan Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Kaltara. Sementara itu M Saleh akan menjabat sebagai Kabid Haji dan Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Kaltara.

“Jadi orang mendapatkan jabatan berdasarkan berbagai macam perhitungan, dibahas oleh baperjakat. Ada proses dan penilaian, ingat jabatan itu tidak ada yang abadi. Bekerjalah sesuai dengan tupoksi masing-masing,” ujarnya.

Dia mengatakan kepada ASN yang sudah dilantik untuk segera melakukan adaptasi dan penyesuaian dengan jabatan baru. Baik dari sisi tugas pokok dan fungsi, maupun dengan sumber daya manusia yang tersedia.

Baca Juga :  Akabri 98 Nawahasta laksanakan Vaksinasi dan Baksos di Mako Polda Kaltara

“Begitu juga koordinasi pada jabatan yang dipikul, perlu untuk segera dikonsolidasikan dengan pejabat terkait lainnya,” bebernya.

Usai melantik, Kakanwil menitipkan beberapa amanah untuk dijalankan pejabat baru. Di antaranya menunaikan kewajiban yang merupakan amanah jabatan. Pada aspek kinerja, Saifi mengingatkan bahwa setiap ASN yang diangkat sebagai abdi negara sudah mulai diambil sumpahnya sejak diangkat menjadi PNS.

Bahkan, sumpah itu sendiri langsung diambil di hadapan kitab suci. Pengucapan dalam janji yang diikrarkan juga menyebut atas nama Tuhan Yang Maha Esa.

“Perlu saya ingatkan beberapa hal sumpah itu jangan sampai dilupakan. Pelantikan kita semua, diawali dengan sumpah. Jangan sampai dilupakan. Bahwa yang menjadi saksi bukan cuma kita sebagai manusia, tetapi kitab suci,” paparnya.

Baca Juga :  Usai Pembangunan Turap, DKP Kaltara Pastikan Nelayan Masih Bisa Parkir Perahu di Perikanan

Bagi kakanwil, setiap jabatan yang dipikul ASN harus dijaga dengan baik. Terlebih dalam profesi menjadi pelayan publik, banyak kepentingan yang akan merangsang diri untuk berbuat sesuatu yang melanggar peraturan perundang-undangan. Di sini juga ia mengingatkan bahwa rezeki yang diperoleh, harus dari sumber-sumber yang halal dan baik.

“Saya berharap apapun prosesnya, jagalah amanah itu dengan sebaik-baiknya ingatlah keluarga kita di rumah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bulungan Saimin usai dilantik mengatakan akan melaksanakan semua dan melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan pendahulunya.

“Apa yang sudah berjalan saat Kepala Kantor yang lama akan kami lanjutkan, termasuk semua kebijakan maupun kerjaan yang tengah berjalan,” ucap Saimin. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed