oleh

Benuanta Konsisten dalam Karya

Oleh : Nicky Saputra/Pemimpin Redaksi Benuanta

MENJADI suatu kebanggaan dalam karier saya ketika benuanta tumbuh menjadi salah satu perusahaan pers yang mampu menjadi kepercayaan masyarakat Kalimantan Utara (Kaltara) dalam tiga tahun perjalanannya.

Bagi saya, semua itu tak terlepas dari peran dan kerja-kerja insan di dalamnya. Sebuah kerja dengan ritme yang berbeda, namun mempunyai tujuan yang sama. Yaitu menghasilkan karya terbaik untuk pembaca.

Pertama kali bergabung dengan redaksi benuanta pada akhir tahun 2018, semangat membangun perusahaan ini cukup besar. Semangat yang mungkin jarang orang miliki. Salah satu semangat yang tak boleh disia-siakan.

Semangat itu lahir tak lain karena prospek benuanta ingin menjadi media online terpopuler saat itu cukup menantang saya. Meski lahir sebagai koran mingguan, benuanta juga berkeinginan kuat menjadi media online terbesar di Kaltara. Wajar, di tahun itu era digital mulai tumbuh pesat di Bumi Benuanta -julukan lain Kaltara.

Selain karena misi perusahaan ini, semangat itu juga lahir dari insan-insan di dalamnya yang mempunyai jam terbang yang cukup matang dalam perusahaan pers. Mereka adalah senior saya, guru saya dalam menulis, dan mentor dalam karier jurnalistik.

Baca Juga :  Pertamina Akan Tertibkan Speedboat yang Membeli BBM dari Pengetap di SPBU

Meski saya baru tujuh tahun berkarir di perusahaan pers, namun hampir semua divisi strategis di dalamnya sudah saya jalani. Bahkan, inovasi untuk membangun perusahaan pers skala koran maupun siber cukup saya kuasai. Dengan begitu, strategi dan inovasi yang saya miliki inilah yang menambah semangat dalam berkarya bersama benuanta.

Tiga tahun berjalan sebagai perusahaan pers, redaksi benuanta terus tampil prima dan konsisten bagi pembaca. Melalui benuanta.co.id, redaksi benuanta menyajikan berbagai informasi yang berbeda karena kecepatan beritanya. Sehingga, bukan hal sulit bagi redaksi benuanta.co.id mencapai kepercayaan bagi pembaca. Semua itu dicapai karena konsistensi insan di dalam redaksinya.

Di usianya yang ketiga ini juga benuanta masuk jajaran media yang teratas di Kaltara, dan masuk di ranking Alexa 2.997 untuk media siber di Indonesia. Angka – angka itu menjadi salah satu prestasi benuanta, lantaran terus konsisten dalam menjalankan tugasnya sebagai perusahaan pers yang sesungguhnya.

Saya lebih suka menganggap kehadiran benuanta tiga tahun belakangan ini merupakan salah satu contoh media siber yang menjalankan tugas dan perusahaan yang profesional. Hal itu tak terlepas dari mudahnya mendirikan perizinan media siber di era ini, sehingga perusahaan pers siber tumbuh subur tanpa terkendali. Di Kaltara sendiri sekitar 70 media siber yang tercatat pernah hilir mudik tampil di permukaan publik, baik di sosial media (sosmed) maupun melakukan kerja sama dengan pemerintahan yang ada di Kaltara.

Baca Juga :  Jelang Hari Karantina Pertanian ke 144, Karantina Tarakan Patroli Tingkatkan Pengawasan dan Penindakan

Berbicara mengenai perusahaan media siber di Kaltara, hanya benuanta yang konsisten menjalankan tugas dan fungsi baik itu dalam hal pemberitaan maupun manajemen perusahaan pers. Sehingga, benuanta dianggap layak menyandang terverifikasi administrasi di tahun keduanya oleh Dewan Pers, 2019 lalu. Seiring berjalannya waktu, proses benuanta agar diakui Dewan Pers sebagai media yang pactual terus dikerjakan. Kurang lebih satu tahun persiapan menuju pactual, akhirnya tepat pada Agustus 2021 benuanta dinyatakan pactual secara lisan oleh Dewan Pers.

Mencapai verifikasi pactual oleh Dewan Pers tersebut, biasanya suatu perusahaan pers siber maupun cetak setidaknya sudah berdiri dan menjalankan tugas media selama dua tahun. Kedudukan perusahaan pers juga harus jelas, serta dapur redaksi maupun perangkat yang digunakan harus jelas. Tak sampai di situ, perusahaan pers juga diwajibkan menunjukkan SDM redaksi dan non redaksi serta kelengkapan lainnya berupa perizinan dan sertifikasi Dewan Pers.

Baca Juga :  Pergi ke Kios Sendirian, Balita 4 Tahun di Aki Balak Dikabarkan Hilang

Melalui itu semua, di tahun ketiganya kali ini benuanta bisa duduk sejajar dengan perusahaan pers lainnya yang sudah lebih dulu ada di Kaltara. Tak hanya soal legalitas, juga kualitas dan kapasitas benuanta yang terbilang pesat sehingga turut andil dalam penyajian informasi yang terpercaya kepada masyarakat Kaltara. Usia ke tiga dan legalitas yang sudah dicapai benuanta tersebut, menjadikannya salah satu perusahaan pers profesional di Kaltara.

Di usia ketiganya ini, benuanta terus melakukan perbaikan serta menghadirkan inovasi di era digital. Dengan menjaga konsistensi kecepatan beritanya, juga ketepatan informasi yang layak disajikan kepada pembaca. Bagi saya, apa yang dicapai benuanta saat ini tak lain juga peran dan kepercayaan masyarakat Kaltara kepada benuanta. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *