oleh

Rayakan Harpelnas, Protecting and Empowering Menjadi Fokus Utama BPJS Ketenagakerjaan

benuanta.co.id, TARAKAN – Momentum peringatan Hari Pelanggan Nasional dimanfaatkan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk mempererat hubungan dengan seluruh peserta.

Dengan mengusung tema “Protecting and Empowering”, pada tahun ini BPJAMSOSTEK ingin membangun budaya pelayanan yang lebih baik guna menciptakan loyalitas serta pengalaman yang menyenangkan (customer experience) bagi para peserta.

Tak hanya itu, BPJAMSOSTEK juga menggandeng beragam stakeholder dan komunitas untuk memberikan edukasi kepada ahli waris peserta berupa literasi keuangan, pemberdayaan perempuan dan penyandang disabilitas. Hal tersebut bertujuan memberikan ketrampilan dan potensi yang bisa digunakan untuk keberlangsungan hidupnya ke depan.

“Kami ingin mengucapkan selamat hari pelanggan nasional kepada seluruh peserta BPJAMSOSTEK. Melalui momentum ini kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik serta perluasan manfaat melalui pemberdayaan bagi ahli waris peserta,” ujar Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK Abdur Rahman Irsyadi atau yang akrab dipanggil Ari di sela-sela peringatan harpelnas di Kantor Cabang Tarakan, Senin (6/9).

Baca Juga :  BMKG: Tarakan Berpotensi Hujan Ringan-Lebat Malam Ini

Beragam kegiatan digelar oleh BPJAMSOSTEK untuk memeriahkan perayaan Harpelnas 2021, diantaranya lomba video pendek dengan tema “Jaminan Perlindungaku”, Direksi Mengajar di 7 Universitas Negeri serta talkshow di platform digital bertema “Adapt, Survive and Thrive”. Seluruh kegiatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan pemahaman masyarakat pekerja akan pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Selain itu, salah satu kegiatan puncak dari perayaan Harpelnas tahun 2021 adalah aksi layanan yang dilakukan oleh seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara luring dan daring di beberapa kantor cabang seluruh Indonesia dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Pada kesempatan yang sama Direktur Umum dan SDM BPJAMSOSTEK bersama dengan Walikota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes juga menyerahkan santunan kepada ahli waris petugas kebersihan yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja sebesar Rp202 juta, serta santunan kematian sebesar 42 juta kepada ahli waris peserta yang berprofesi sebagai ketua RT.

Baca Juga :  Sempat Dikabarkan Hilang, Balita 4 Tahun Ditemukan di Tempat Penjual Gorengan

Ari mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bukti kehadiran negara melalui BPJAMSOSTEK untuk memberikan perlindungan serta rasa aman bagi peserta dan keluarganya, oleh karena itu menjadi hal wajib bagi pekerja untuk memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Semoga semangat Harpelnas yang disebarkan oleh BPJAMSOSTEK ini  menjadi motivasi bagi para pekerja untuk terus produktif yang berujung pada kesejahteraan pekerja Indonesia”, pungkas Ari.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tarakan Deni Syamsu Rakhmanto menyampaikan momen Harpelnas ini menjadi semangat baru untuk memberikan pelayanan spesial kepada peserta, dimana peserta dilayani langsung oleh Direksi BPJS Ketenagakerjaan.

“Harpelnas tahun ini kami tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada peserta. Walau masih dalam kondisi pandemi namun pelayanan kepada peserta tetap berjalan dengan baik dengan berbagai macam inovasi seperti layanan secara online, layanan secara onsite,” jelasnya.

Deni menambahkan Harpelnas ini menjadi momentum bagi seluruh insan BPJS Ketenagakerjaan untuk melayani peserta dengan pelayanan terbaik. Harpelnas tahun ini kami melibatkan para peserta untuk turut serta dengan mengadakan lomba video pendek, sehingga masyarakat memahami betapa pentingnya manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan.

Baca Juga :  Pertamina Zona 10 PHE Bagikan Paket Sembako ke Insan Pers di Kaltara

Sementara itu, Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., menyampaikan apresiasi atas keberadaan dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat Kota Tarakan. Pemerintah Kota Tarakan, ujarnya, senantiasa mendukung pelaksanaan tugas BPJS Ketenagakerjaan di tengah-tengah masyarakat Kota Tarakan.

Ia menyebutkan, bahwa di samping meminta para pekerja formal maupun informal untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan, Pemerintah Kota Tarakan juga telah mengikutsertakan RT yang ada di Kota Tarakan dalam program jaminan oleh BPJS Ketenagakerjaan. “Sehingga jika terjadi apa-apa dapat terlindungi,” ujarnya.

Kepada penerima manfaat yang disalurkan pada kesempatan ini, Wali Kota berharap agar manfaat jaminan yang diberikan dapat bermanfaat, “mudah-mudahan dengan santunan ini bisa membantu keberlangsungan hidup,” ujarnya.(*)

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *