oleh

PTMT Segera Digelar, Bupati Tegaskan Pihak Sekolah Perketat Prokes

benuanta.co.id, MALINAU – Tinjau persiapan sekolah-sekolah yang siap melakukan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Selasa (7/9/2021) besok. Bupati Malinau, Wempi W Mawa,.SE, menyebut hanya beberapa sekolah yang akan melaksanakan PTMT.

“Sebelumnya kita rapat soal kesiapan PTMT ke sekolah-sekolah dan hanya beberapa sekolah saja yang ada di 4 kecamatan yang siap melakukannya, karena PTMT ini juga kita kondisikan dengan situasi pandemik Covid-19 yang ada di tiap wilayah Malinau,” kata Wempi.

Wempi menambahkan, penerapan PTMT nantinya akan diperketat dengan Protokol Kesehatan (Prokes) agar tidak menimbulkan keraguan dari orang tua siswa saat para siswa memulai PTMT.

Baca Juga :  Dinkes Malinau Terkendala Lab untuk Deteksi Varian Baru Covid-19

“Tentu kesiapan itu termasuk Prokes dan sekolah-sekolah yang melaksanakan PTMT juga sudah kita tekankan untuk kesiapan mereka menerapkan Prokes yang ketat selama PTMT,” imbuhnya.

Tidak hanya kepada orang tua siswa saja, sebelum menjalankan PTMT orang satu di Malinau ini juga sudah terlebih dahulu melakukan dialog bersama para siswa. Di mana kebanyakan siswa ternyata sangat menginginkan PTMT bisa dilaksanakan dengan beberapa alasan.

“Mayoritas siswa sangat antusias memulai PTMT, mungkin karena rindu suasana belajar seperti dulu atau mungkin merasa lebih efektif jika belajat langsung dengan gurunya. Tapi jika nantinya dalam penerapannya ada sekolah yang tidak mematahui Prokes, proses PTMT di sekolah yang bersangkutan hentikan proses PTMT di sekolah bersangkutan,” tegasnya.

Baca Juga :  UMKM di Malinau Dinilai Tumbuh Sehat, Ini Kata Pelaku UMKM

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Fureng Elisa Mou, S.E., M.Si menerangkan, dasar dilaksanakannya acara ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Kedua Instruksi Menteri Dalam Negeri tanggal 23 Agustus 2021 tentang PPKM Level 3, 2, 1. Ketiga Surat Edaran Bupati Malinau tentang Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 jenjang PAUD, SD/MI, SMP/MTS , serta Surat Edaran Bupati Malinau tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Kabupaten Malinau.

Baca Juga :  Tak Ingin Ada Masalah, Wagub Ingatkan Kontraktor Berhati-hati dalam Mengerjakan Proyek

“Kita lakukan ini berdasarkan aturan itu dan setiap sekolah juga tidak dipaksakan untuk PTMT, kecuali memang sekolah yang zona hijau dan siap untuk melalukan PTMT. Jadi semoga saja PTMT itu sukses berjalan akan semua sekolah di Malinau bisa menerapkan PTMT,” tutupnya. (*)

Reporter  : Osarade

Editor : Yogi Wibawa/Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *