oleh

PDAM Tarakan Belum Dapat Bukti Sumber Pencemaran Air Baku

benuanta.co.id, TARAKAN – PDAM Tarakan belum dapat memastikan sumber oli yang mencemari air baku yang terjadi beberapa hari lalu. Padahal, petugas PDAM Tarakan telah menyusuri sepanjang sungai Kampung Bugis yang menjadi jalur air baku.

“Oli belum diketahui sumbernya dari mana, kami  juga sudah menyusuri sejauh 500 meter tidak tau alurnya juga,” ujar Kabag Humas PDAM Kota Tarakan, Sunarto, Senin (6/9/3021)

Hingga saat ini, ia mengaku belum mendapati laporan-laporan tentang pencemaran ini. “Informasi dugaan-dugaan dari mana sumber oli belum kami terima juga,” imbuh dia.

Baca Juga :  GP Ansor Dorong Pemuda Bangkitkan Ekonomi Melalui UMKM

Kabar baiknya, untuk saat ini air distribusi sudah bisa dinikmati oleh warga sekitar. Dampak dari pemadaman air hanya berjalan dua hari saja.

“Alhamdulillah dua hari saja padamnya kemarin, hari Minggu jam 19.00 sudah kami distribusikan kembali,” jelas Sunarto.

Adapun setelah pencemar tersebut, pihak PDAM telah menutup DAM air sehingga tidak sampai kekondisi yang fatal.

Baca Juga :  Luapan Air Laut Ganggu Aktifitas Warga Selumit Pantai 

“Tidak fatal kalau menurut saya, karena begitu terima laporan saya langsung arahkan untuk kabag produksi menutup DAM airnya, jadi tidak sampai masuk ke penampungan,” tegasnya.

Sementara itu, Indri (35) yang merupakan warga sekitar sungai menilai bahwa kondisi ini tentunya kurang sehat jika tidak diawasi dengan baik.

“Ya saya pastinya takut jugalah karena biasanyakan dipakai masak juga airnya, takutnya kalau tercemar begitu nanti sakit semua yang di rumah,” ujarnya.

Baca Juga :  Baru Diaspal Sudah Rusak Lagi, Perbaikan Jalan Gajah Mada Ditarget Desember Ini

Ia juga mengakui air sudah terdistribusi ke rumahnya, dan ia berharap untuk pihak berwajib agar segera mengusut tuntas kejadian pencemaran ini.

“Alhamdulillah sudah ngalir, tapi semogalah PDAM dan yang lainnya bisa menemukan jalan keluar takutnya kalau terulang lagi bahaya,” tandas Indri. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *