oleh

Dugaan Pengeboman Ikan Meresahkan Nelayan Mangkupadi, Tim Gabungan Turun Tangan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Mendapatkan keluhan terkait adanya pengeboman ikan di perairan Kampung Baru Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, utusan Pemerintah Kabupaten Bulungan bersama TNI Polri turun ke lokasi untuk menindaklanjuti laporan sekaligus berkomunikasi dengan  nelayan.

Informasi yang diterima oleh para petugas di perairan Kampung Baru kerap terjadi pengeboman ikan, kebanyakan yang dilakukan oleh nelayan dari luar.

“Usulan dan aspirasi masyarakat tersebut akan ditindaklanjuti kepada instansi yang berwenang,” ungkap Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Errin Wiranda kepada benuanta.co.id.

Kata dia masyarakat meminta agar ada penindakan, pasalnya aksi pengeboman itu sangat merugikan nelayan, karena pendapatannya berkurang. Selain itu dampak bom ini merusak ekosistem laut, terumbu karang sebagai tempat ikan berkembang biak juga ikut rusak.

Baca Juga :  KKP Terima Hibah Tanah 3.000 Meter Persegi dari Pemkab Bulungan

“Aksi pengeboman ikan selain mengurangi pendapatan para nelayan, juga merusak terumbu karang di perairan sekitar Kampung Baru. Masyarakat pun meminta agar personel Polres Bulungan maupun TNI AL dapat melakukan penindakan dan pengamanan,” jelasnya.

Permintaan masyarakat ini agar rutin dilakukan pengamanan. Pertimbangan lainnya yaitu jarak antara Kampung Baru dengan Desa Mangkupadi cukup jauh dan layanan telekomunikasi tidak mendukung.

Selain pengamanan di wilayah darat dan laut, masyarakat berharap Pemkab Bulungan dapat memfasilitasi ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Utara terkait sarana pendukung 1 unit speedboat yang diperbaiki dan diambil alih pihak DKP agar dapat dikembalikan ke Desa Mangkupadi.

Baca Juga :  NIK Jadi NPWP, KP2KP Tanjung Selor Sosialisasikan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan 

“Masyarakat juga berharap agar Kelompok Pengawasan Masyarakat (Pokwasmas) Kampung Baru kembali aktif dan dibentuk kepengurusan baru. Usulan lainnya yaitu penimbunan jalan sepanjang 2 kilometer menuju pantai wisata di daerah Kampung Baru dan pembuatan jalan sepanjang 1 kilometer menuju Danau Merah,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bulungan Abdul Wahid dalam  kesempatan itu turut mengimbau masyarakat Kampung Baru dapat mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 yaitu dengan menerima vaksin yang akan diberikan.

Baca Juga :  Rekor Tercepat, Program BSPS Kalimantan Utara Selesai 100 Persen

“Kita juga minta masyarakat Kampung Baru mewaspadai peredaran narkoba,” tuturnya.

Perwakilan Dinas Perikanan Bulungan, Aswan Reso turut mengimbau masyarakat nelayan Kampung Baru untuk mengurus sertifikasi Pas Kecil yang berlaku selama 1 tahun.

Begitu juga perwakilan Satuan Polair Polres Bulungan, Aiptu Marjono juga meminta masyarakat Kampung Baru agar tidak segan melapor ke aparat jika ada kejadian pelanggaran di wilayah laut maupun gangguan kemanan dan ketertiban masyarakat di Kampung Baru. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *