Vaksin Moderna Dosis Satu Mulai Diberikan untuk Masyarakat Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Vaksin Moderna untuk pertama kalinya menyasar masyarakat umum di Tarakan. Vaksinasi itu digelar di Lantai 6 RSUD Tarakan yang akan digelar beberapa hari ke depan untuk belasan ribu masyarakat Tarakan.

Moderna merupakan vaksin dengan platform mRNA, yaitu metode rekayasa genetika yang membuat tubuh bisa mendeteksi sebuah virus masuk dan memiliki efektivitas sebesar 94,1 persen.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1586 votes

Dijelaskan Kepala RSUD Tarakan, dr. Franky Sientoro, Sp.A., logistik vaksin berjenis Moderna ini dijadwalkan untuk Kaltara.

Baca Juga :  Satreskrim Lanjutkan Pemeriksaan Saksi Kecelakaan Kerja di PT PRI

“Sesuai logistik ya kita terima kalau di Kaltara pertama itu Sinovac, kedua kali ini kita dapatnya Moderna,” jelasnya saat dikonfirmasi secara langsung oleh benuanta.co.id, Rabu (1/9/2021).

Franky menerangkan, untuk ke masyarakat umum menggunakan dosis satu dengan takaran 0,5 mili. Artinya hal ini sama seperti yang dilakukan dengan vaksin jenis lainnya.

Baca Juga :  Buka Bersama, Pj. Wali Kota dan Gubernur Bagikan Bantuan Beras ke Petugas Kebersihan

Sementara itu, ia juga memberikan edukasi ke masyarakat mengingat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Kipi) yang diberikan oleh Moderna ini cukup terasa.

“Ini kan lebih tinggi ya, lebih baik juga antybodynya dibandingkan Sinovac. Tentu hampir semua Kipi yang terasa itu ringan seperti demam sedikit sakit juga pada bekas suntikan,” terangnya.

“Namun, efek-efeknya tidak berbahaya cukup minum satu tablet Paracetamol atau Panadol untuk demamnya saja,” tandas Franky. (*)

Baca Juga :  Buntut Ancam Orang Pakai Sajam, AW Masuk Bui

Reporter : Endah Agustina

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar