oleh

Musrenbang RPJMD Malinau, Libatkan Kades dan RT untuk Pembangunan Menyentuh Masyarakat

benuanta.co.id, MALINAU – Bupati Malinau Wempi W Mawa,.SE membuka kegiatan Musrenbang RPJMD tahun 2021/2026 yang digelar secara virtual dengan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

Wempi mengatakan kegiatan Musrenbang ini merupakan bagian dari perencanaan kegiatan pembangunan daerah selama 5 tahun ke depan. Sehingga ia pun menginginkan agar semua pihak dapat terlibat aktif dalam Musrenbang.

“Pembangunan daerah dan manusia kita, semua tergantung dari Musrenbang ini, karena perencanaan kita ini lah yang akan menjadi kegiatan pembangunan kita ke depan, jadi saya harap kita harus serius dan komitmen dalam membuat perencanaan yang baik untuk Malinau kita,” kata Wempi.

Wempi juga mengungkapkan dalam penentuan perencanaan Musrenbang ini, seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat hingga desa dan RT, tidak hanya mengandalkan program unggulan dari pemerintah saja. Tapi juga dapat membuat program unggulan sendiri untuk pembangunan daerah.

“Kita harus jeli melihat program unggulan kita, tapi pemerintah tingkat kebawah seperti desa dan RT, juga harus memiliki program yang harus dikerjakan selama masa periode pemerintah, karena kita punya program RT bersih yang sudah teranggarkan,” ujarnya lagi.

“Kita juga harus jeli melihat kekurangan di tiap-tiap wilayah yang ada di Malinau agar kekurangan itu bisa disesuaikan dengan perencanaan pembangunan 5 tahun ke depan,” bebernya.

Smbutan itu pun ditanggapi positif oleh beberapa Kepala Desa (Kades) dan ketua RT yang terlibat dalam Musrenbang ini. Dimana Kades Desa Tanjung Lapang dan salah satu ketua RT Batu Lidung menanggapi dengan perencanaan pembangunan yang masih kurang yang ada di wilayah mereka.

“Untuk daerah kita ini mungkin kepada program pendidikan kita dimana, dalam situasi pandemi ini kita sangat sulit menjalankan pembelajaran jarak jauh, sehingga kita harapkan program literasi pendidikan kita nantinya bisa lebih menyentuh wilayah kita,” kata Kades dan Ketua RT Batu Lidung,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *