oleh

Cegah Perusakan Laut, Stasiun PSDKP Tarakan Pasang Plang Sosialisasi di Pulau Derawan dan Maratua

benuanta.co.id, BERAU – Guna mensosialisasikan Penerapan Peraturan Menteri Kelautan & Perikanan Nomor 28 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penataan Ruang dan Keputusan Menteri Kelautan, Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tarakan melakukan pemasangan plang. Pemasangan media tersebut dilakukan di area pesisir pantai, tepatnya di Kecamatan Pulau Derawan dan Kecamatan Pulau Maratua.

Tak hanya mensosialisasikan tentang kebijakan penataan ruang laut, Stasiun PSDKP Tarakan juga mensosialisasikan Keputusan Menteri KP No 114/KEPMEN-KP/SJ/2019 tentang Rencana Aksi Nasional Pengawasan dan Penanggulangan Kegiatan Penangkapan Ikan Merusak (Destructive Fishing).

Kepala Stasiun PSDKP Tarakan, Akhmadon, S.Pi.,MM menerangkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat pesisir dan wisatawan memahami tentang pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan secara lestari.

Melalui Permen KP Nomor 28 Tahun 2021, KKP mengatur perencanaan, pemanfaatan, pengendalian pemanfaatan, pengawasan dan pembinaan penataan ruang laut yang mencakup Perairan Pesisir, Wilayah Perairan dan Wilayah Yurisdiksi.

“Kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi dan upaya pencegahan tindak pidana kelautan dan perikanan yakni Destructive Fishing dan Pemanfaatan Ruang Laut di Wilayah Pesisir pada Kawasan Strategis Nasional Tertentu (KSNT) Pulau Maratua dan Sambit,” jelas Akhmadon kepada benuanta.co.id, pada Ahad, 29 Agustus 2021.

Dikatakan Akhmadon, pemasangan plang tersebut dilaksanakan di Kabupaten Berau Kecamatan Pulau Derawan dengan 2 (Dua) lokasi yakni Dermaga Pelabuhan Tanjung Batu dan Dermaga Pulau Derawan.

Selanjutnya, di Kecamatan Maratua dengan 3 (Tiga) lokasi yakni Dermaga Pulau Maratua Kampung Teluk Harapan, Bandar Udara Pulau Maratua Kampung Payung-Payung dan Dermaga Kampung Bohe Silian.(*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *