oleh

Ikuti UKW, Tiga Wartawan Benuanta Dinyatakan Kompeten

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Tiga wartawan benuanta.co.id dinyatakan kompeten, setelah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Utara (Kaltara) ke – II selama dua hari 27 – 28 Agustus 2021.

Wartawan benuanta.co.id mengikuti tiga kelas UKW. Yakni, Kelas Muda Heri Muliadi, Kelas Madya Ramli, dan Kelas Utama Nicky Saputra.

Tahapan mengikuti uji kompetensi ini, setidaknya peserta memiliki pengalaman minimal dua tahun sebagai wartawan. Di Kelas Madya, peserta sebelumnya harus memiliki sertifikat UKW Muda. Begitu juga dengan Kelas Utama, dengan syarat sebagai wartawan Madya.

Tak hanya itu, wartawan yang mengikuti UKW tersebut harus bekerja di perusahaan pers berbadan hukum yang sah, serta terverifikasi Dewan Pers.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kaltara Harap Kaum Milenial Melek Digitalisasi

Dalam mengikuti UKW, ketiga wartawan benuanta.co.id harus bisa menuntaskan semua soal-soal yang diujikan asesor yang diutus langsung PWI Pusat. Tujuannya, tak lain menjadikan wartawan yang profesional.

Salah satu mata uji yang dijalankan wartawan benuanta.co.id terkait penguasaan Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Pemahaman terkait KEJ dianggap penting bagi wartawan maupun perusahaan pers. Sebab, KEJ merupakan landasan wartawan dalam melakukan peliputan.

Setelah melalui UKW tersebut, kini benuanta.co.id menjadi salah satu perusahaan pers di Kaltara bahkan Indonesia yang memiliki wartawan yang berkompeten.

Hal ini juga mengantarkan benuanta.co.id sebagai salah satu perusahaan pers siber maupun cetak yang profesional, setelah dinyatakan terverifikasi faktual oleh Dewan Pers, awal Agustus 2021 lalu.

Baca Juga :  Serapan APBN di Provinsi Kaltara Mencapai 60,14 Persen

Ketua Asesor, Rajab Ritonga mengatakan wartawan yang sudah dinyatakan kompeten tidak boleh sombong dan harus rendah hati. Semua mata uji yang dijalankan peserta, diharapkan diperdalam serta diterapkan dengan benar di masing-masing perusahaan pers.

“Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami bisa menjadi penguji yang diutus langsung oleh Dewan Pers. Penyelenggaraan UKW oleh PWI Kaltara patut diapresiasi, kami sangat mendukung diselenggarakan UKW setiap tahun di Kaltara. Kalau perlu kita selenggarakan di daerah perbatasan Nunukan ke depannya,” tuturnya.

Baca Juga :  Polda Kaltara Atensi Tindakan Vaksin Berbayar dan Pemalsuan PCR 

Sementara itu, Ramli salah satu peserta UKW Kelas Madya dari benuanta.co.id mengungkap sangat puas setelah mengikuti UKW. Sebab tak hanya sekedar mendapatkan sertifikat, juga mendapatkan ilmu jurnalistik yang sangat bermanfaat.

“Saya sangat senang bisa mengikuti UKW ini. Banyak ilmu jurnalistik yang bisa didapatkan, serta memperdalam karya pengalaman tentang perusahaan pers di era digital saat ini,” pungkas pria yang menyandang UKW Madya tersebut.

Pelaksanaan UKW tersebut diikut 21 peserta dari berbagai media di Kaltara. Kelas Utama diikuti 3 peserta, Kelas Madya 6 peserta, dan Kelas Muda 12 peserta. Semuanya dinyatakan kompeten dalam pelaksanaan UKW. (*)

Reporter : Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *