oleh

SOA Barang Udara di Lima Kecamatan di Krayan Telah Diluncurkan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Jembatan udara Subsidi Ongkos Angkut (SOA) barang kembali diluncurkan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan, Jumat 27 Agustus 2021. Ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) Nunukan kepada masyarakat yang jauh dari ibu kota Kabupaten Nunukan.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Nunukan, H.Dian Kusumanto mengatakan, SOA barang ini bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 yang setiap tahunnya dilakukan.

“Biasanya kita lakukan di akhir tahun, karena di bulan awal itu ada bersumber dana APBN dari kementerian. Jadi saat ini kita hanya menambah kapasitas barang,” kata H.Dian Kusumanto, kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Pemkab Nunukan Terapkan Aplikasi SIMANJA Awal Tahun 2022 Mendatang

Total jumlah SOA barang Kabupaten Nunukan, sebanyak 15.929 kilogram yang tersebar di lima kecamatan dengan 14 kali penerbangan. Kelima kecamatan itu di antaranya Krayan, mendapatkan SOA barang sebanyak 3.229 kilogram, Krayan Barat 3.700 kilogram, Krayan Timur 3.000 kilogram, Krayan Selatan 3.000 kilogram dan Krayan Tengah sebanyak 3.000 kilogram.

“Anggaran SOA di tahun ini turun dari pada tahun sebelumnya sekarang hanya sekitar Rp 867 juta,” jelasnya.

Baca Juga :  Cerita Jesica, Kuliah Sembari Mengajar di SDN 012 Desa Binusan Nunukan

Dian berharap, adanya SOA barang ini bisa dinikmati masyarakat dengan harga yang wajar. Tanpa ada perbedaan harga di kota dengan yang ada di wilayah Krayan. Ketahui, SOA ini bekerjasama dengan maskapai  PT. Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air yang ditunjuk pemerintah melayani penerbangan perintis atau subsidi ke perbatasan.

“SOA akan dijadwalkan pada hari Jumat dan hari Senin, dalam seminggu ada satu kali penerbangan,” urainya.

Di tempat yang sama Kepala Bandara Nunukan, Agus Priyatmono mengatakan, pihaknya mendukung program pemerintah untuk membantu masyakarat Krayan.

Baca Juga :  HUT ke-22 Nunukan, Laura Luncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri

“Dengan adanya pesawat kargo subsidi dari Pemda Nunukan saya sangat mendukung sekali,” akunya.

Agus juga berpendapat agar pengiriman SOA barang ini jangan hanya dilakukan di tengah tahun, mengingat kebutuhan masyarakat setiap hari. Kemudian sebelum melakukan pengiriman barang tersebut, pihaknya terlebih dulu melakukan pengecekan agar tidak ada barang-barang yang berbahaya seperti narkoba dan lainnya dibawa oleh penumpang. (*)

Reporter: Darmawan

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *