Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Inovatif pada Materi Menulis Teks Eksposisi Kelas VIII

Oleh : Melly Sari, S. Pd.
Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 4 Tarakan
Kalimantan Utara

AKTIVITAS pembelajaran inovatif tidak terlepas dari peranan pemanfaatan teknologi yang digunakan oleh guru. Teknologi dianggap penting karena memberikan banyak manfaat terutama dalam menerapkan strategi pembelajaran untuk peserta didik. Salah satu contohnya ialah memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran menulis teks eksposisi.

Pada pembelajaran menulis teks eksposisi peserta didik dituntut untuk mengetahui sejumlah informasi dan data penting terkait isu atau permasalahan yang dibahas pada teks eksposisi yang akan disusun. Tentu, hal ini membutuhkan aktivitas membaca yang harus dilakukan oleh peserta didik. Saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa aktivitas membaca secara digital sangat lekat dengan kehidupan peserta didik. Melalui aktivitas membaca ini, peserta didik akan mudah mengakses sumber belajar seperti buku pelajaran BSE maupun artikel yang mereka butuhkan untuk mencari informasi menggunakan teknologi gadget atau perangkat komputer terkait teks eksposisi yang akan disusun oleh peserta didik.

Penerapan pembelajaran inovatif dalam materi menulis teks eksposisi melibatkan peserta didik secara utuh. Aktivitas pembelajaran ini berfokus pada peserta didik yang terlibat langsung dalam pembelajaran seperti mengamati hingga mengumpulkan data. Pada fase inilah teknologi mengambil bagian. Strategi dan model pembelajaran yang disusun oleh guru akan mengarahkan peserta didik dalam pemanfaatan teknologi untuk menunjang kegiatan pembelajarannya.

Sejalan dengan penjabaran di atas, mengutip dari Suryawati dalam jurnal Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Sebuah Kerangka Pengetahuan untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis oleh Farikah dkk Universitas Tidar Magelang menyebutkan bahwa hubungan antara pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten harus dikuasai oleh guru (dosen).

Dalam jurnal penelitian tersebut menjelaskan bahwa Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sebuah kerangka pengetahuan untuk pembelajaran keterampilan menulis. Untuk mampu mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam mengajar diperlukan kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Oleh karena itu sudah seharusnya di Indonesia memiliki kemampuan tersebut agar bisa meningkatkan kompetensi peserta didik serta mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional sehingga bangsa Indonesia bisa bersaing dengan bangsa lainnya.

Berdasarkan penjabaran di atas dapat disimpulkan bahwa dalam menciptakan pembelajaran inovatif pada materi menulis teks eksposisi salah satunya yaitu dengan pemanfaatan teknologi. Pembelajaran yang dirancang dan disusun guru memanfaatkan teknologi dan melibatkan peserta didik secara utuh sehingga proses pembelajaran berpusat pada peserta didik. Kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan maksimal karena dampak dari kemudahan mendapatkan informasi dari teknologi yang digunakan oleh peserta didik.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *