Pekan Ini, Ribuan Bumil di Kaltara Akan Mengikuti Vaksinasi Covid-19

benuanta.co.id, TARAKAN – Vaksinasi bagi ibu hamil (bumil) nampaknya tak lama lagi akan dilakukan di Kalimantan Utara (Kaltara). Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy menyampaikan dalam pekan ini setidaknya ada ribuan ibu hamil yang akan divaksin.

“Vaksinasi ibu hamil sudah mulai, dan kabupaten kota yang masih melakukan pendataan. Seperti Bulungan akan mulai dalam Minggu ini,” jelas Agust saat dikonfirmasi oleh benuanta.co.id, Rabu (25/8/2021).

Pada tahap pendataan, pihaknya juga telah menyerahkan kepada masing-masing Dinas Kesehatan (Dinkes) di kabupaten dan kota.

“Data ibu hamil sudah ada di Dinkes masing-masing, dan itu ada programnya tentang kesehatan ibu ada di setiap Dinkes,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sosek Malindo Bertujuan Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat di Wilayah Perbatasan

Proses penyuntikannya memiliki syarat usia kehamilan tertentu, sedangkan vaksin yang akan disuntikkan kepada bumil ini jenis Sinovac atau Moderna.

“Kita pasti screening, syarat utamanya kehamilan di atas tiga bulan dan di bawah tujuh bulan. Lalu gejala lain seperti komorbid kita pasti cek itu dulu. Jadi tidak semua nanti data ibu hamil akan kita suntik, disesuaikan dengan kriteria tadi,” pungkasnya.

Baca Juga :  Persetujuan Pembentukan Pengadilan PHI dan Tipikor Kaltara Agustus Ini?

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, kepastian pemberian vaksin Covid-19 bagi ibu hamil tertuang dalam Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor : Yogi Wibawa/Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *