oleh

Gunakan Aplikasi PeduliLindungi, Antisipasi Surat PCR dan Kartu Vaksin Palsu

benuanta.co.id, TARAKAN – Eksistensi surat PCR maupun kartu vaksin palsu masih menjadi kontroversi di tengah masyarakat Kota Tarakan. Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tarakan tepis pemalsuan dengan aplikasi PeduliLindungi.

Sebelum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlangsung, banyak temuan KKP bahkan kasus pemalsuan surat dan kartu vaksin telah ditangani kepolisian.

Faktor yang memicu oknum memiliki pemalsuan antara lain karena masyarakat ingin mendapatkan kartu vaksin, surat PCR secara instan tanpa menunggu antrean.

Baca Juga :  Peresmian Pantai Amal Tetap Dilakukan Meksi Perda Belum Rampung

Kepala KKP Kelas II Tarakan, Ahmad Hidayat mengatakan, sejak menggunakan aplikasi PeduliLindungi, pemalsuan surat PCR dan kartu vaksin sudah tidak ditemukan lagi.

Untuk diketahui, aplikasi peduli lindungi merupakan aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan dan keaslian surat PCR maupun kartu vaksin.

Dijelaskan Ahmad, penggunaan aplikasi tersebut juga merupakan arahan dari pusat Kementerian Kesehatan kepada Satgas Covid-19 di seluruh daerah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Dishub Lakukan Uji Coba Bundaran Selama Tiga Hari ke Depan 

Pemalsuan surat PCR dan kartu vaksin palsu biasanya ditemukan dalam bentuk sangat mirip dengan aslinya bahkan juga disertai dengan stampel validasi di masing-masing surat.

Namun dengan proteksi aplikasi PeduliLindungi sudah tidak ada lagi temuan surat PCR dan kartu vaksin Palsu, KKP menjadi terbantu dalam melakukan proses validasi di setiap pintu masuk dan keluar Kota Tarakan.

Baca Juga :  Flash News! Polisi Tangkap Pelaku Penikaman Karyawan THM di Kalbar

“Kami tidak menemukan adanya pemalsuan lagi, karena validasi dilakukan secara elektronik melalui aplikasi PeduliLindungi,” tutupnya.(*)

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor : Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *