oleh

Pelajar Memilih Sembunyi di Hutan, PTM dan PJJ di Malinau Lumpuh 

benuanta.co.id, MALINAU – Meski Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) telah diterapkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malinau. Namun ternyata masih ada beberapa wilayah di Kabupaten Malinau yang justru belum dapat mengefesienkan kedua sistem pembelajaran itu.

Kadisdik Kabupaten Malinau, Fureng Elisa Mou,.SE,.M,.Si mengatakan wilayah-wilayah yang dimaksud di antaranya seperti Desa Sungai Boh dan sekitarnya masih belum dapat menggunakan sistem pembelajaran tersebut.

“Efisiennya sistem belajar tatap muka itu dilakukan untuk wilayah zero Covid-19 dan PJJ dilakukan untuk wilayah pandemi Covid-19. Tapi berbeda dengan wilayah Sungai Boh yang keduanya tidak bisa digunakan,” kata Fureng, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga :  Naik Pangkat, Polres Malinau Lepas 3 Perwira Berprestasinya

Fureng menjelaskan, tidak efektifnya kedua sistem pembelajaran itu disebabkan dampak psikologis masyarakat terhadap pandemi Covid-19, yang lebih memilih untuk meninggalkan tempat tinggal dan mencari tempat persembunyian.

“Jadi kalau Covid, mereka itu kebanyakan sembunyi di kebun. Bahkan ada yang sembunyi ke dalam hutan, sehingga tenaga pendidik di sana sulit untuk melakukan aktifitas pembelajaran,” jelasnya.

Baca Juga :  Si Jago Merah Hanguskan Sarang Walet dan Rumah Warga Desa Batu Lindung Malinau

“Mau mengantar tugas sekolah juga tidak efisien, karena jarak lokasi kebun para siswa di sana itu sangatlah berjauhan,” tambahnya.

Karena beberapa faktor itu juga, Fureng mengaku pihaknya tidak bisa menjalankan aktivitas pembelajaran yang ada di wilayah Sungai Boh dan sekitarnya.

“Jika memang itu yang terjadi, tentu keadaan itu juga yang akan menjadi laporan saya. Kita mau paksakan juga tidak bisa, karena memang masyarakatnya yang melarikan diri untuk isolasi mandiri,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  Jari Pria Paruh Baya Nyaris Putus Akibat Cincin Batu Akik

Reporter  : Osarade

Editor : Yogi Wibawa/Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *