oleh

ORI Kaltara Soroti Kerumunan hingga KIPI saat Vaksinasi

benuanta.co.id, TARAKAN – Kerumunan kerap menjadi perhatian di masa pandemi Covid-19. Tak terkecuali jadwal vaksinasi di beberapa lokasi. Hal itu tak luput dari pantauan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan Kaltara.

Lantaran maraknya kerumunan tersebut, tim dari ORI Kaltara langsung turun lapangan ke salah satu fasilitas kesehatan yang mengelar vaksinasi di Kota Tarakan.

Kepala Keasistenan Pencegahan Mal Administrasi Ombudsman RI Kaltara, Bakuh Dwi Tanjung menerangkan pengawasan sejauh ini menitikberatkan pada kerumunan yang terjadi setiap vaksinasi.

Baca Juga :  KM Subur Indah Belum Ditemukan, Tim SAR Lanjutkan Pencarian Besok

“Kalau dalam pengawasan vaksin kita menyayangkan sekali karena animo yang tinggi jadi ajang berkumpulnya orang,” ujar Bakuh Tanjung kepada benuanta.co.id, Jumat (20/8/2021).

Pihaknya juga menyayangkan tidak adanya petugas khusus yang mengatur jarak dari kerumunan vaksinasi tersebut.

“Kita sayangkan juga tidak ada petugas yang mengatur kerumunan yang terjadi sebelum mendaftar itu dan di luar juga,” imbuhnya.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara Resmikan Nama RSUD dr. H. Jusuf SK

Selain kerumunan, pengawasan ini juga memperhatikan gejala Kejadian Pasca Imunisasi (KIPI) yang kerap kali terjadi setelah vaksin.

“Kita juga diminta oleh pusat mengawasi KIPI, itu yang penting. Kalau pingsannya di sini kita bisa pantau, tapi di rumah kan kita tidak tau,” ungkapnya.

Menangani hal tersebut, Bakuh menuturkan harus ada informasi atau contact person yang dapat dihubungi jika terjadi KIPI di luar pengawasan tenaga kesehatan.

Baca Juga :  Pemkot Tambah Layanan Perawatan Bagi ODHA di RSUKT

“Maka dari itu kita pastikan betul-betul dari mulai kartu vaksinnya harus ada informasi agar dapat menghubungi layanan kesehatan jika terjadi KIPI sewaktu-waktu,” tandasnya. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor : Yogi Wibawa/Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *