oleh

Ketua DPRD Kaltara Komitmen Atasi Kelangkaan Oksigen 

benuanta.co.id, MALINAU – Ketua DPRD Kaltara, Norhayati Andris berkesempatan menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di Apau Kayan, Kabupaten Malinau pada Selasa, 17 Agustus 2021 lalu. Momen tersebut dimanfaatkannya untuk meninjau kondisi penanganan Covid-19 yang sempat melonjak beberapa bulan lalu.

Tak hanya tampil sebagai Irup Upacara, di wilayah perbatasan tersebut menggugah komitmen Norhayati Andris sebagai wakil rakyat untuk mencari solusi terbaik dalam penanganan Covid-19 khususnya akses distribusi oksigen yang membutuhkan waktu lama.

Peninjauan NRA biasa ia disapa, sampai saat ini masih terdapat 36 orang yang isolasi mandiri akibat Covid-19 di rumah dan 6 orang yang sedang dirawat di Rumah Sakit Pratama Apau Kayan.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Sudah Bahas 70 Persen Raperda Tahun 2021

“Saya dipercayakan menjadi Inspektur Upacara pada HUT Kemerdekaan RI Ke-76. Di Apau Kayan yang menjadi perhatian kita adalah penanganan Covid-19 yaitu kurangnya stok oksigen akibat sulitnya akses pengiriman. Pengirimannya melalui jalur darat Kota Samarinda, lalu memasuki sungai dan menempuh darat lagi ke Apau Kayan,” jelas dia kepada koran benuanta pada Rabu, 18 Agustus 2021.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kaltara Harap Kaum Milenial Melek Digitalisasi

Politisi partai bentukan Megawati Soekarnoputri itu mengatakan pendistribusian dan pengisian oksigen masih bergantung dari penerbangan Kota Samarinda dan membutuhkan waktu seminggu hingga dua minggu.

“Belum bisa disalurkan melalui penerbangan Kabupaten Malinau dan Tanjung Selor makanya sulit, sedangkan kebutuhan oksigen itu perhari,” ungkapnya.

Meski begitu, dikatakannya pendistribusian Alat Kesehatan (Alkes) oleh Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH.,M.Hum dan para donatur lainnya tersalurkan dengan merata serta tepat sasaran beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Ketua DPRD Kaltara Tekankan Kolaborasi HIPMI Kembangkan Potensi Kaltara

“Kita akan mencarikan alternatif terbaik agar penyaluran dan pengisian oksigen dapat berjalan lancar untuk fasilitas kesehatan di Apau Kayan,” imbuhnya.

Ibu dua anak tersebut juga menghampiri warga yang sedang Isoman sembari memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan sembako agar mendukung pemulihan dari Covid-19. (*)

Reporter : Kristianto Triwibowo

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *