oleh

Bebani Siswa dengan Banyak Tugas, Kepala Disdik Malinau Tegur Sejumlah Guru

benuanta.co.id, MALINAU – berikan tugas sekolah secara berlebihan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malinau, tegur sejumlah tenaga pendidik yang ada di sekolah-sekolah, Rabu (18/08/2021).

Saat dikonfirmasi Kepala Disdik Kabupaten Malinau, Fureng Elisa Mou,.SE,.M.Si mengatakan saat ini para guru yang ada di sekolah, tidak boleh memberikan tugas secara berlebihan.

Hal itu berdasarkan dari surat edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait sistem penilaian peserta didik selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  UMKM Diharapkan Mampu Memanfaatkan Pelatihan Koperasi dan Wirausaha

“Kalau berdasarkan surat itu, maka penilaian harus dilakukan berdasarkan, sikap dan kepribadian dari peserta didik dan penilaian tugas itu hanya hanya sebagian kecilnya saja. Tapi dalam prakteknya, masih banyak guru yang melakukan hal sebaliknya. Makanya saya berikan teguran,” kata Fureng.

Selain karena tidak sejalan dengan surat edaran kementrian, menurut Fureng memberikan tugas secara berlebihan juga bisa berdampak buruk kepada psikologi peserta didik.

Baca Juga :  UMKM Diharapkan Mampu Memanfaatkan Pelatihan Koperasi dan Wirausaha

“Peserta didik, saat ini dihadapkan dengan situasi pandemi. Jika mereka mendapat tugas berlebihan dan hasilnya buruk maka mental mereka bisa terbebani, belum lagi jika nilai itu juga membuat mereka dimarahi oleh orang tua mereka,” ujarnya.

Ia menambahkan penilaian tugas juga tidak bisa dijadikan patokan, mengingat sistem pembelajaran yang saat ini sudah berbeda.

Baca Juga :  UMKM Diharapkan Mampu Memanfaatkan Pelatihan Koperasi dan Wirausaha

“Kalau belajarnya tatap muka seperti dulu mungkin bisa dilakukan, karena guru harus menjelaskan dan murid harus menyimak,” ungkapnya.

“Tapi jika hal itu masih diterapkan saat ini, tentu hasilnya akan berbeda. Karena tidak semua murid bisa menyimak dan menyerap ilmu dengan sistem belajar jarak jauh, karena ada batasan komunikasi antara guru dan murid,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *