Gubernur Pimpin Upacara HUT RI Ke-76 di Atas KRI I Gusti Ngurahrai, Pertegas Kedaulatan di Ambalat

NUNUKAN – Dalam rangka menyambut peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 yang mengangkat tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, TNI AL melalui Lantamal XIII dan Lanal Nunukan menggelar upacara perayaan di tapal batas negeri. Tepatnya di Perairan Ambalat (ambang batas laut) Indonesia-Malaysia 9 mil di sebelah tenggara Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Selasa (17/8/2021).

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum bertindak sebagai Inspektur Upacara di atas kapal KRI I Gusti Ngurahrai-332 Satkor Koarmada II. “Kalimantan Utara ini merupakan etalase Indonesia paling utara, punya batas laut dan darat,” jelas Gubernur Zainal.

“Kita laksanakan upacara hari ini di salah satu patok dasar ambalat Indonesia yaitu di Karang Unarang,” tambahnya.

Gubernur pun menyampaikan rasa bangganya karena dapat merayakan hari kemerdekaan RI di Karang Unarang dengan lancar dan khidmat.

Baca Juga :  MUI Minta Aparat Tak Ragu Tindak THM yang Nekat Buka Selama Ramadan

“Alhamdulillah semua unsur maritim yang ada di Kaltara. Kami sampaikan rasa terima kasih serta apresiasi kepada panglima TNI, Kasal, Guspurla,” imbuhnya.

Perayaan HUT RI ini pun melibatkan puluhan nelayan dari Kampung Mamolo untuk berpartisipasi, sebab turut menjaga perbatasan laut.

Selain KRI I Gusti Ngurahrai-332 yang dijadikan sebagai sentral pelaksanaan upacara, juga KRI Singa-651 Satkat Koarmada II.

Baca Juga :  Biro PBJ Kaltara Dorong Setiap OPD Gunakan E-Katalog

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, unsur Forkopimda Kaltara, para Pejabat Utama Lantamal XIII, FKPD Kabupaten Nunukan dan instansi terkait lainnya. (el.r)

Sumber: DKISP Kaltara
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *