Gabungan Komunitas Bulungan Sukses Kibarkan Bendera 76 Meter di Jembatan Sei Kayan

benuanta.co.id, BULUNGAN – Walaupun diguyur hujan deras, pengibaran bendera sepanjang 76 meter di Jembatan Sei Kayan Tanjung Selor Tanjung Palas tetap terlaksana. Diprakarsai oleh puluhan komunitas yang menamakan kegiatan itu Ekspedisi Kayan Merah Putih.

Ketua panitia Ekspedisi Kayan Merah Putih, Andi Khairuddin mengatakan kegiatan tersebut satu langkah yang bagus dan terorganisir karena dilakukan oleh pemuda pemudi Kabupaten Bulungan yang tergabung dari kelompok serta komunitas.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1942 votes

“Harapan kita kegiatan ini bisa berdampak positif bagi masyarakat di Bulungan terkhusus pemuda-pemudinya. Ini merupakan bentuk kegiatan produktif dari para pemuda dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke-76 di tengah kondisi pandemi Covid-19,” ungkap Andi kepada benuanta.co.id, Selasa 17 Agustus 2021.

Kata dia, dengan semangat kemerdekaan pemuda Bulungan menjunjung tinggi rasa nasionalisme bangsa dan negara. Dalam kegiatan ini terdapat berbagai kelompok komunitas, ada dari olahraga panjat tebing, sosial, club motor, lingkungan, pecinta alam, camper dan lainnya.

“Ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pemuda dalam berpartisipasi membangun daerah, terkhususnya di Bulungan. Mengingat terdapat visi kedaulatan pangan pemerintah daerah yang sangat kita dukung dan kami implementasikan dalam bentuk konsumsi pangan lokal pada kegiatan ini,” ucapnya.

“Serta kepedulian terhadap daerah aliran Sungai Kayan yang menjadi pasokan utama air baku untuk masyarakat yang perlu dirawat serta dijaga. Terima kasih semoga terus ada kegiatan pemuda untuk Bulungan maju dan sejahtera,” sambungnya.

Sementara itu Bupati Bulungan Syarwani yang hadir dalam pengibaran bendera panjang itu menyampaikan ucapan terima kasih. Serta apresiasi setinggi-tingginya kepada generasi muda Kabupaten Bulungan khususnya dalam momentum memperingati HUT RI Ke-76 dengan menggelar kegiatan Ekspedisi Kayan Merah Putih di sepanjang jembatan penghubung Tanjung Selor dan Tanjung Palas.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari pada komitmen generasi muda terhadap nilai-nilai kebangsaan khususnya memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2021,” ujar Bupati Bulungan.

Mantan Ketua DPRD Bulungan ini mengatakan dalam kegiatan itu juga disertai dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya, yang berkaitan dengan isu-isu yang menyangkut kegiatan lingkungan khususnya yang berkaitan dengan memastikan kebersihan sampah khususnya yang berada di aliran Sungai Kayan.

“Untuk itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bulungan, mari kita jaga Sungai Kayan ini supaya tetap dalam keadaan yang bersih dan aman serta menjadi warisan bagi generasi muda kita ke depannya,” pesannya.

Di bawah derasnya hujan hadir juga Forkopimda Bulungan, Syarwani menuturkan kegiatan ini juga memberikan dampak, khususnya upaya untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang ada di

Kabupaten Bulungan. Dirinya pun mengajak masyarakat Bulungan untuk menggunakan produk-produk pangan lokal yang dihasilkan dari para petani dan pekebun yang ada di Kabupaten Bulungan sebagai bagian dari pada kegiatan konsumsi di rumah tangga sehari-harinya.

“Dengan menggunakan pangan lokal berarti kita membantu para petani, para pekebun yang ada di Bulungan ini,” jelasnya.

Dirinya berharap kegiatan yang sudah terlaksana ini menjadi contoh dan menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, utamanya dalam momentum perayaan HUT RI setiap tahunnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *