Latihan Akhir, Para Petugas Paskibraka Sudah Siap 90 Persen 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Jelang pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang Ke-76 di Lapangan Agatis Tanjung Selor. Para petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) jalani latihan akhir. Pasalnya, sehari sebelum pelaksanaan kegiatan semuanya akan melakukan masa tenang.

“Tadi kita laksanakan gladi kotor sekaligus gladi bersih, karena besok sudah hari tenang,” ungkap Pembina dan Pelatih Paskibraka HUT RI Ke-76 Kaltara, Muhammad Mat Noor kepada benuanta.co.id, Ahad 15 Agustus 2021.

Dia mengatakan persiapan para anak didiknya sudah mencapai 90 persen, karena sisanya harus menyesuaikan dengan atribut yang akan digunakan pada hari-H.

“Walaupun hari tenang kita tetap bawa mereka pemanasan agar saat pelaksanaannya tidak kaget,” jelasnya.

Terkait kondisi kesehatan yang memang menjadi perhatian para pelatih, ini yang perlu mendapatkan support. Ada yang fisiknya kuat dan ada juga yang masih lemah, ini akibat dari latihan seharian penuh.

“Namun dari tim kesehatan sudah menyiapkan vitamin makannya teratur dan tidak sembarangan, sehingga tidak ada apa-apa,” ucap Alumni Paskibraka 2009 ini.

Pria yang sudah ikut Pembina Nasional pada tahun 2014 ini menuturkan jumlah anggota Paskibraka ada 40 yang berasal dari sekolah menengah atas dari 5 kabupaten kota. Terdiri dari 17 orang pasukan pengiring dan 8 orang pasukan inti.

“Mereka ini ada di pasukan pengiring dan pasukan inti, sementara 45 orang lainnya sebagai pasukan pengawal berasal dari TNI Polri,” sebutnya.

Sementara itu yang di wanti oleh pelatih adalah pasukan inti yang membawa baki dan pengibar bendera. Untuk itu pihaknya telah melakukan persiapan dengan menyiapkan 8 orang cadangan, jika pasukan inti berhalangan maka di back up oleh cadangan ini.

“Tahun ini lebih mudah, karena pembawa baki sudah tidak mengambil bendera di depan podium tapi benderanya dibawa dari awal masuk,” bebernya.

Kemudian yang berubah adalah jarak antar barisan, karena masa pandemi Covid-19 maka diberikan jarak 2 meter antar barisan. Dimana sebelumnya hanya sepanjang gapaian tangan.

Untuk diketahui pembawa baki merupakan siswi kelas 11 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjung Selor bernama Luh Cinta Cammellya Putri, kelahiran Banyuwangi 23 Agustus 2005.

Kemudian yang mengerek bendera bernama Asrul Ananda kelahiran 27 November 2003, asal sekolah dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sei Menggaris. (*)

 

Reporter : Heri Muliadi

Editor : Nicky Saputra

 

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
790 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *