oleh

Waspada, Penyakit Diabetes Bisa Semakin Ganas Jika Terkena Covid-19

benuanta.co.id, MALINAU – Sejak awal pandemi Covid-19 diawal tahun 2020 hinggat saat ini, tim Satgas Covid-19 Kabupaten Malinau telah mencatat 41 kasus meninggal dunia yang disebabkan oleh Covid-19.

Menariknya, dari 41 kasus meninggal dunia itu. Tenyata semuanya didominasi oleh orang-orang yang berusia 50 tahun keatas.

Saat dihubungi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malinau dr. John Felix Rundupadang mengatakan selama pandemi Covid-19 di Kabupaten Malinau, orang yang berusia di atas 50 tahun, lebih rentan untuk terjangkit Covid-19 (05/08/2021).

Baca Juga :  3 Hari Tanpa Kasus Baru, Dinkes Klaim Kasus Terkendali Karena Vaksinasi

“Data itu berdasarkan catatan kita, dari 41 kasus itu, korban meninggal yang usianya paling muda itu berusia 50 tahun dan yang tertua berusia 86 tahun,” kata John.

Tidak hanya itu saja, fakta menarik lainnya ialah dari semua 41 kasus yang tercatat meninggal dengan terkonfirmasi Covid-19 itu, ternyata juga didominasi oleh orang-orang yang memiliki penyakit diabetes.

Baca Juga :  DPRD Malinau Apresiasi Capaian Kerja 100 Hari Wempi-Jakaria

“Semua yang meninggal itu tidak murni disebabkan oleh Covid-19, semuanya pasti memiliki penyakit bawaan seperti penyakit pernapasan,” ujarnya.

“Tapi, kita juga menemukan fakta lainnya 80% korban meninggal kita disini, itu ternyata memiliki penyakit diabetes,” pungkasnya.

Menurut John, penyakit diabetes bisa semakin ganas jika si pasien juga terkonfirmasi Covid-19. Hal itu diungkapkan oleh John berdasarkan fakta yang ditemui dari para pasien meninggal yang ada di Kabupaten Malinau.

Baca Juga :  Operasi Patuh Kayan 2021 Sasar Pelanggar Aturan Lalu Lintas dan Prokes

“Dari pengalaman dan data kita, keadaannya memang seperti itu. Setiap pasien yang memiliki penyakit diabetes. Pasti diabetesnya semakin ganas, jika ikut terkena Covid-19 dan rata-rata yang meninggal disini, itu keadaannya seperti itu,” bebernya.

Dengan fakta yang ada, John pun meminta kepada masyarakat Malinau agar lebih memperhatikan kondisi imun tubuh, asupan makanan yang dikonsumsi serta protokol kesehatan. Agar dapat terhindar dari Covid-19.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed