Berjibaku Padamkan Api dari Malam dan Lanjut Pagi Hingga Siang Hari

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pemadaman api di RT 7 Desa Sajau Hilir terus dilakukan, petugasnya pun silih berganti. Setelah dibekap oleh UPTD KPH Bulungan, pada hari Rabu 4 Agustus 2021 sekira pukul 17.30 Wita pemadaman diambil alih oleh petugas dari BPBD Bulungan.

“Begitu kami selesai sore pemadaman di Kilometer 4, kami lanjut lagi ke Sajau Hilir,” ungkap Adi Suryanto Koordinator Lapangan BPBD Bulungan kepada benuanta.co.id, Kamis 5 Agustus 2021.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2008 votes

Saat petugas BPBD tiba, api masih saja menyala hingga tengah malam yakni pukul 24.00 wita. Kata dia, dirinya bersama 11 personel BPBD lainnya bertahan hingga pagi Kamis 5 Agustus 2021.

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara

“Nah ternyata api tidak padam total, padahal jam 1 dini hari hingga subuh ada hujan deras,” jelasnya.

Sisa kebakaran lahan gambut itu ternyata masih menyisakan bara api. Maka di pihaknya kembali turun ke lapangan untuk mematikan apinya, pemadaman dimulai sekitar pukul 07.00 hingga pukul 12.30 wita.

“Pagi tadi asap masih ada makanya kami turun lagi sampai tengah hari. Yang jelas alat yang kami turunkan ada 4 mesin suplai dan 3 armada termasuk mobil tangki,” ucap Adi.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bulungan Gelar Sosialisasi Manfaat Program Sektor Jasa Konstruksi

Kendala yang dihadapi timnya saat memadamkan berupa asap tebal sehingga menyulitkan bernafas, lalu medan yang sulit dijangkau dan banyak lubang atau parit didalam semak.

Setidaknya lahan yang terbakar baru sekitar 8 hektar, sementara yang terbakar beberapa hari lalu mencapai puluhan hektar yang mengelilingi pemukiman warga.

“Jadi lahan gambut yang sudah terbakar kembali terbakar, kalau kemarin itu sudah pindah ke lahan lain di perkebunan sawit,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bulungan Gelar Sosialisasi Manfaat Program Sektor Jasa Konstruksi

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *