oleh

Kaltara Deflasi -0,06 Persen, Ekspor Meningkat 11,07 Persen

TANJUNG SELOR – Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (KISP) Provinsi Kalimantan Utara H. Iskandar beserta Kepala Bidang Statistik dan staf mengikuti rilis data statistik yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Utara melalui live streaming yang ditayangkan pada Senin (2/8/2021) pukul 12.00 Wita.

Beragam data yang di publikasikan oleh BPS di antaranya kondisi indeks harga konsumen Kaltara hingga Juli 2021 masih mengalami deflasi -0,06 persen, kemudian ada kondisi ekspor impor, Nilai Tukar Petani serta Tingkat Penghunian Kamar (TPK) di beberapa kabupaten/kota.

Iskandar mengatakan, Pemerintah Provinsi Kaltara berterima kasih kepada BPS Kaltara yang sudah menyampaikan rilis data statistik dalam setiap bulannya dan ini sangat membantu kami guna mengetahui perkembangan indeks harga konsumen, ekspor impor dan yang lainnya. Untuk indeks harga konsumen ungkapnya, dalam dua bulan terakhir ternyata Kaltara mengalami deflasi sebesar -0,15 persen pada Bulan Juni 2021 dan sedikit mengalami perubahan penurunan di Bulan Juli 2021 dengan deflasi sebesar -0,06 persen.

Baca Juga :  UKW LSPR, Sekprov Harapkan Wartawan Kaltara Makin Kompeten dan Profesional

Deflasi yang terjadi merupakan dampak dari penurunan kelompok pengeluaran dari tingkat inflasi bulanan. Kelompok pengeluaran tersebut adalah Transportasi dimana Indeks Harga Konsumen pada bulan Juli 2021 mengalami penurunan sebesar -0,93 persen. Menurutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kaltara merupakan salah satu pemicu terjadinya penurunan pada kelompok Transportasi.

Selain Indeks Harga Konsumen ucapnya, kegiatan ekspor impor pada Bulan Juni 2021 juga mengalami perubahan dimana Ekspor Kaltara mencapai US$ 123,75 Juta dibandingkan Bulan Mei yang hanya mencapai US$ 111,41 Juta dan terjadi perubahan kenaikkan sebesar 11,07 pesen. Peningkatan ekspor ini didominasi oleh sektor tambang sebesar 81,66 persen.

Baca Juga :  Wakili Kaltara, RSUK Tarakan Raih Juara II Pelayanan KB

“Alhamdulillah ada peningkatan ekspor pada sektor tambang di Bulan Juli 2021 sehingga mempengaruhi kenaikan ekspor Kaltara”, imbuhnya.

Untuk Nilai Tukar Petani (NTP) Kaltara jelasnya, sekalipun kondisinya mengalami penurunan sebesar 0,16 persen atau 105,62 poin sedikit lebih rendah dibandingkan pada Bulan Juni 2021 sebesar 105,79 poin namun indeks harga yang dibayar petani (Ib) mengalami kenaikkan sebesar 0,18 persen.

Baca Juga :  Peduli Warga Terdampak Pandemi Covid 19, PKK Kaltara Bagikan Bantuan untuk Penyintas

Kemudian mengenai TPK Hotel Berbintang Bulan Juni 2021 sebesar 51,67 persen, sementara jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 25.103 kunjungan, demikian pula yang terjadi pada jumlah  pesawat udara yang berangkat pada Bulan Juni 2021 hanya sebanyak 398 penerbangan, ucapnya mengakhiri. (st)

Sumber: DKISP Kaltara
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed