oleh

Pengaruh Jarak dan Geografis, Dua Posramil Ini Bakal Naik Tingkat Jadi Koramil 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Permudah komando pengendalian di setiap wilayah kecamatan, Kodim 0903 Bulungan telah mengusulkan 5 Pos Rayon Militer (Posramil) untuk ditingkatkan menjadi Komando Rayon Militer (Koramil).

Hanya saja dari 5 Posramil yang diajukan, baru 2 yang mendapatkan persetujuan dari komando atas untuk ditingkatkan menjadi Koramil.

“Memang ada 2 Posramil yang sudah dimajukan jadi Koramil, yakni Posramil Tanjung Selor dan Posramil Tanjung Palas Timur. Harapannya tahun ini diresmikan, tapi kami menyesuaikan dengan komando atas,” ungkap Komandan Kodim 0903 Bulungan Kolonel Inf Akatoto kepada benuanta.co.id, Senin 2 Agustus 2021.

Kata dia, alasan kuat agar adanya Koramil tambahan di Bulungan, salah satunya jarak dan geografis yang jauh dengan Koramil induk sehingga sulit dijangkau dengan cepat. Untuk Posramil Tanjung Palas Timur saat ini dibawah kendali Koramil Tanjung Palas yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 100 Kilometer.

Baca Juga :  Gelar Pasukan Ops Patuh Kayan, Polres Bulungan Sasar Lokasi Rawan Laka dan Pengendara Langgar Prokes

“Komando pengendaliannya itu yang susah, seperti Koramil Tanjung Palas dengan Tanjung Palas Timur di Desa Tanah Kuning itu sangat jauh geografisnya, berapa lama jika kembali. Sedangkan Tanjung Selor yang masih Posramil minimal ada Koramil karena sudah menjadi kota,” sebutnya.

Pria berpangkat bunga melati 3 ini mengatakan Koramil di Bulungan hanya ada 5 yakni Koramil Tanjung Palas, Koramil Peso, Koramil Sekatak, Koramil Tanjung Palas Utara dan Koramil Bunyu. Dimana ada koramil yang membawahi 2 hingga 5 kecamatan dimana seharusnya 1 Koramil 1 Kecamatan.

Misalnya saat ini Koramil Tanjung Palas membawahi 5 Kecamatan atau ada 5 Posramil diantaranya Kecamatan Tanjung Selor, Tanjung Palas Timur, Tanjung Palas Tengah dan Tanjung Palas Barat.

Baca Juga :  Potensi Gangguan Jaringan, Tes SKD Hari Ini Digeser Pada Sesi Akhir

“Kalau di Bulungan kita hanya ada 5 Koramil. Untuk Koramil Peso sendiri bawahi 2 kecamatan yakni Peso dan Peso Hilir disana ada 1 Posramil.

Kolonel Akatoto yang berasal dari angkatan Akmil 1997 ini menyebutkan jumlah personel di Kodim masih terbatas. Dimana saat ini Daftar Susunan Personel dan Peralatan (DSPP) baru mencapai 60 persen.

“Yang jelas personel dan materil masih terbatas. Kalau Posramil biasanya personelnya itu menyesuaikan dengan jumlah desa. Kalau ada 6 desa maka Babinsanya juga ada 6 orang, tapi yang ada sekarang, 1 Babinsa itu menangani 2 desa. Ada Posramil kita hanya beranggotakan 2 orang saja,” jelasnya.

Baca Juga :  SKD CPNS Kaltara Disokong Tambahan Daya Jaringan 100 Mbps

Padahal kata dia, jumlah desa dan kelurahan di Bulungan mencapai 81 terdiri 74 desa dan 7 kelurahan. Dimana jumlah Babinsa belum sesuai dengan DSPP.

“Saat ini jumlah Babinsa kita baru mencapai 59 orang, maka ada Babinsa yang bawahi 2 desa,” sebutnya.

Dia menuturkan komunikasi kepada komando atas  tetap dibuat laporan dan membuat kajian untuk penambahan personelnya. Apalagi ditambah dengan adanya penambahan level dari Posramil menjadi Koramil artinya personel bertambah.

“Belum lagi perwiranya, di sini saja (Makodim) masih kurang ada pejabat Pasi yang merangkap jabatan lain. Untuk Koramil itu biasanya 15 personel yang ada saat ini masih ada 5 personel, jadi masih kekurangan,” tutupnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed