Diperpanjang atau Tidak, PPKM Level 4 Kaltara Menunggu Instruksi Pusat

benuanta.co.id, NUNUKAN – Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 masih menunggu instruksi pusat. Sebab PPKM level 4 berakhir hari ini Senin, 2 Agustus 2021.

“Yang jelas jika tidak ada surat dari pemerintah pusat, kita tidak perpanjangan juga,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Nunukan, Hasan Basri Mursali, Senin (2/8/2021).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1239 votes

Penerapan PPKM level 4, menurut Basri hingga saat ini grafiknya masih meningkat.
“Jadi efektivitasnya belum terlihat, memang saat ini kasus masih naik dan nanti kita lihat setelah berakhirnya PPKM bisanya akan terlihat di dua pekan terakhir,” jelasnya.

Baca Juga :  Nggak Kapok Mencuri, Tiga Remaja di Nunukan Ketangkap Nyuri Lagi Katanya Buat Sekolah

Selain itu, Hasan Basri menilai tingkat kesadaran masyarakat sudah mulai tinggi dan sadar tentang penyebaran Covid-19, sehingga mematuhi protokol kesehatan. Meski begitu masih ada saja yang melanggar namun akan tetap ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Razia PPKM sering dilaksanakan oleh satpol PP Nunukan dan gabungan TNI-Polri beserta tim medis melakukan Rapid tes antigen  di tempat bagi warga yang melanggar.

“Kita perketat di jalur pintu masuk, kita tidak perkenankan orang masuk jika belum ada PCR dan vaksin, begitu juga pelaku perjalanan,” paparnya.

Tak hanya Nunukan, Kota Tarakan juga masih menunggu keputusan perpanjangan PPKM.

Baca Juga :  Potongan Jam Kerja ASN, Pj Wali Kota Harap Tak Kurangi Kualitas Pelayanan

Dijelaskan juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes pihaknya sesuai mekanisme terlebih dahulu harus menerima edaran dari Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltara yang nantinya akan ditindak lanjuti oleh Wali Kota Tarakan dr. H. Khairul, M.Kes

“Belum ada info resmi tentang perpanjangan  PPKM  level IV,” kabarnya kepada benuanta.co.id

Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltara merespon kepada benuanta.co.id bahwa pihaknya yang langsung dipimpin oleh Gubernur Drs. H. Zainal Arifin Paliwang juga menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

“Kami masih menunggu keputusan Mendagri terkait PPKM Level IV, mungkin sore atau malam ini rilisnya,” terang juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltara Agust Suwandy.

Baca Juga :  Segini Besaran Zakat Fitrah 2024 di Nunukan

Disinggung apakah PPKM Level IV berdampak pada penurunan kasus Covid-19 di bumi Benuanta, pihaknya sementara masih memantau lebih lanjut.

“Kalau dari trend data belum kelihatan penurunan kasus Covid-19. Tapi ini berjalan baru 1 minggu, tentunya dampaknya tidak akan langsung kelihatan. Kasus-kasus yg muncul dalam minggu ini tentunya dampak dari waktu sebelumnya,” tuntas Agust.

Diketahui, untuk kepastian perpanjangan atau penghentian PPKM Level IV pagi tadi telah dibahas oleh pemerintah pusat disaat rapat kabinet. (*)

Reporter : Darmawan/Kristianto Triwibowo
Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *