oleh

Investasi Besar akan Masuk Kaltara, Gubernur Siapkan SDM Berkompeten

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum meminta agar segenap pihak mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu bersaing. Penekanan ini disampaikan Gubernur karena melihat potensi besar provinsi termuda ini di masa yang akan datang.

Menurutnya potensi itu sedianya harus segera disiapkan sejak dini. Penguatan SDM di Kaltara dinilai Gubernur sangat penting untuk jangka panjang. Sehingga pada waktunya, SDM sudah cukup mumpuni bahkan unggul dari berbagai sektor.

“Sejatinya, Kaltara sudah punya SDM, tinggal bagaimana mendistribusikan mereka. Nah, ini menjadi tugas berbagai organisasi profesi, sehingga kita punya kemampuan untuk bersaing. Karena ke depan, Kaltara menjadi salah satu tujuan investasi nasional,” jelas Gubernur, Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga :  HUT Bulungan dan Tanjung Selor, Birau Tetap Terlaksana Sesuai Prokes  

Berdasarkan hasil komunikasi dengan Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Gubernur menyebut Kaltara akan mendapatkan investasi mencapai miliaran dollar Amerika Serikat (AS) untuk membangun kawasan green energy.

Gubernur menjelaskan, guna mendongkrak perekonomian daerah, nantinya skema yang digunakan adalah melibatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sekitar daerah. “Kebijakan tersebut sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja,” jelasnya.

Baca Juga :  Melalui Eduku, Disdikbud Kaltara Yakin Pendidikan Makin Maju hingga Wilayah 3T

Dengan begitu, Gubernur optimis kawasan green energy yang bersifat hilirisasi akan terwujud. Pasalnya, pandemi covid-19 tidak memengaruhi pertumbuhan sektor usaha di bidang hilirisasi.

Melansir data dari https://www.bkpm.go.id/ nilai investasi di Kalimantan Utara pada semester I 2021 mencapai Rp 1,23 triliun. Nilai investasi tersebut tersebar dalam 246 proyek. (adpim)

 

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed