Bupati Laura Ingatkan Puskesmas untuk Tidak Tabung Stok Vaksin

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Nunukan terus berupaya dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dan memberikan vaksin kepada masyarakat.

Melihat hal itu, Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid ingatan kepada seluruh Puskesmas di wilayah kabupaten Nunukan untuk tidak menyimpan stok dosis vaksin.

“Ada beberapa puskesmas yang saya cek itu menyimpan vaksin untuk dosis dua, jadi saya ingatkan agar tidak menyimpan tapi harus segera di habiskan itu instruksi presiden, karena jika habis kita bisa mengusulkan lagi, namun jika tidak habis maka kita tidak akan diberikan dosis kedua, kementerian itu melihat data,” kata Laura Hafid, Jumat (30/7/2021.

Masyarakat banyak yang menunggu untuk mendapatkan vaksin, namun vaksin yang tidak ada, dia juga tidak tahu permasalahannya di kecamatan adanya Puskemas yang menyimpan stok tersebut.

“Salah satu Puskesmas menyampaikan Vaksin yang disimpan itu untuk tahap dua. Saya ingatkan semua puskemas yang ada di kabupaten Nunukan untuk tidak menyimpan stok vaksin karena harus dihabiskan,” jelasnya.

Laura Ingatkan untuk berhati-hati jika sampai itu terjadi, ia sudah warning ke beberapa puskesmas untuk tidak menyimpan stok vaksin.

Dosis satu harus digunakan dan dihabiskan, untuk mengusulkan vaksin tahap duanya ke pusat, kerena mereka melihat data, sepanjang stok itu masih ada mereka tidak akan kirim . “Karena sistem yang digunakan akan terlihat dari data berapa yang divaksin dan berapa yang belum,” jelasnya

Walaupun masih dosis pertama juga penting untuk kekebalan tubuh dan bisa mencegah penularan Covid-19. “Target kita itu semakin banyak orangnya bukan selesai dosis duanya, tapi Alhamdulillah jika dosis keduanya selesai juga itu lebih bagus,” papanya.

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid, ingatkan agar setiap puskemas menghabiskan stok vaksin yang permata, jika ada yang di temukan menyimpan stok perlu ditindaklanjuti. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *