oleh

Pendemi Covid-19, Warung Makan Menjerit Pendapatan Menurun

benuanta.co.id, NUNUKAN – Di tengah pandemi Covid-19 beberapa pedagang banyak mengeluhkan pendapatan mereka menurun, seperti yang dirasakan oleh Irwan (30) pada Kamis 29 Juli 2021.

Alasan ini yang membuat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang awalnya berstatus darurat kini di perpanjang dengan istilah level 4.

Dikatakan Irwan, dimasa Pandemi Covid-19 saat ini sangat berpengaruh terhadap pendapatannya termasuk pedagang kecil lainnya .

Dia menceritakan bahwa sebelum adanya Covid-19 pendapat masih tercukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Namun setelah munculnya wabah Covid-19 banyak masyarakat yang takut untuk berpergian belanja atau makan di warung dan apalagi adanya PPKM Level 4, banyak kegiatan yang harus di batasi, seperti makan di warung dan lainnya.

Baca Juga :  Dikeroyok 18 Orang hingga Memar di Sekujur Tubuh, Gadis Remaja Ini Lapor Polisi

“Kondisi ini semakin diperparah dengan penerapan PPKM darurat banyak pengusaha warung makan kecil hingga warung makan besar mengalami penurunan omzet. Banyak makanan yang disajikan namun tidak laku terjual mulai dari makanan ringan misalnya nasi goreng, nasi lalap, ikan bakar, ayam bakar dan lainya. Apalagi diberlakukan PPKM, kami sangat sepi pembeli, banyak dagangan kami tidak laku terjual,” kata Irwan.

Baca Juga :  Gelar PTM, 572 Pelajar SMPN 1 Nunukan Jalani Vaksin Covid-19

Irwan biasanya berjual sejak pukul  08:00 Wita, hingga 21.00 Wita, dengan adanya PPKM  dia berjualan dari pukul 08:00 wita hingga  jam 17.00 wita malam tutup.

Dengan adanya kebijakan yang di atur pemerintah dengan pembatasan kegiatan masyarakat membuat dirinya dan kawan pelaku usaha berjualan tidak maksimal karena adanya jam operasional yang dibatasi.

Baca Juga :  Bupati Laura Hadiri Langsung Vaksinasi Empat Sekolah di Nunukan Selatan

“Namun, mau tidak mau atau suka tidak suka kami harus tetap taat protokol kesehatan dan juga mematuhi kebijakan pemerintah  demi membantu pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19,” tutupnya. (*)

Reporter: Nasrul/Darmawan
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed