oleh

Sekolah di Nunukan Kembali Lakukan BDR via Daring Selama Pemberlakuan PPKM Level 4

benuanta.co.id, NUNUKAN – Belajar dari rumah (BDR) harus kembali diterapkan seluruh sekolah di Kabupaten Nunukan setelah meluasnya pesebaran Covid-19 belakangan ini. Seperti yang dilakukan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Nunukan, yang menggunakan Google Meeting sebagai wadah proses belajar mengajar di masa penerapan PPKM level 4.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Nunukan, Arbain mengatakan tahun pembelajaran 2021 – 2022 pola pembelajaran kembali seperti tahun sebelumnya, yakni dilakukan secara daring atau online melalui beberapa aplikasi yang direkomendasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kami akan mengupayakan semaksimal mungkin memberikan pemenjaraan kepada siswa kami agar mereka tidak ketinggalan mata pelajaran. Kami juga menggunakan akun pembelajaran dari Kemendikbud,” kata Arbain, Rabu 28 Juli 2021.

Baca Juga :  Kabar Duka, Mantan Wakil Bupati Nunukan Ir. H . Paridil Murad Meninggal Dunia

Jadi di tahun ini seluruh pelajar SMPN 2 Nunukan sudah menggunakan akun Kemendikbud dalam proses belajar mengajar, sehingga data yang dikirim atau dibagi dapat digunakan dengan baik dan tepat sasaran dalam proses belajar.

“Kami juga menggunakan meeting zoom bermasa anak-anak dengan proses belajar yakni Google meet,” jelasnya.

Dia juga mengingatkan kepada peserta didik  di zaman teknologi saat ini harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tidak dipungkiri dengan adanya teknologi ini, ada yang positif dan ada yang negatif. Sehingga peran orang tua di rumah harus dapat mendampingi anak-anaknya.

Baca Juga :  TNI Limpahkan Miras ke Bea Cukai Nunukan, Potensi Kerugian Negara Ratusan Juta Rupiah

Di tempat yang sama, guru kurikulum SMPN 2 Nunukan, Yulaika mengatakan melalui akun yang diberikan dari Kemendikbud cukup memudahkan porses belajar mengajar secara daring berlangsung.

Bagi peserta didik yang tidak dapat mengakses, maka digunakan aplikasi lainnya seperti WhatsApp dan Telegram untuk memberikan materi kepada anak-anak sehingga semuanya dapat mengikuti pelajaran.

“Pelajaran yang dilakukan juga secara fleksibel, karena kadang terkendala dengan jaringan internet,” jelasnya.

Baca Juga :  Mengenang Sosok Mantan Wakil Bupati Nunukan Faridil Murad

Lanjut dia, antusias peserta didik untuk belajar sangat tinggi walaupun belajar dari rumah menggunakan Google Meeting dengan tatap muka secara online.

Jumlah peserta didik SMPN 2 Nunukan sebayanya 813 siswa. Terdiri dari kelas VII sebanyak 288, kelas VIII sebanyak 285 orang dan kelas IX sebanyak 240  orang. (*)

Reporter : Darmawan

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed