oleh

Bantuan Pemerintah kepada Pegiat UMKM di Masa Pandemi, Begini Persyaratannya

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kalimantan Utara masih membuka kesempatan bagi UMKM yang ingin mendapatkan bantuan dalam perkelompok.

Hal itu tertuang dalam peraturan Gubernur Kaltara nomor 56 tahun 2020 yang akan dilanjutkan tahun 2021 terkait bantuan pemerintah untuk pelaku usaha. Hal itu disampaikan Kabid Pemberdayaan Pengembangan Koprasi dan UMK Nunukan, Hj. Siti Hasna.

“Bantuan ini diberikan secara berkelompok, besar bantuan per orang dalan kelompok Rp 2.500.000 ribu. Jika 10 orang dalam 1 kelompok berarti Rp 25 juta dan harus dikelola dalam satu kelompok,” kata Hj. Siti Hasna, Rabu 28 Juli 2021.

Baca Juga :  Jalan Amblas Tak Kunjung Diperbaiki, Ini Tanggapan Pemprov Kaltara

Pihaknya juga sudah bersurat kepada kecamatan dan terkait adanya bantuan kepada UMKM di tingkat kecamatan. Sehingga pegiat UMKM dapat mengajukan permohonan bantuan usaha, setalah itu baru akan diserahkan ke tingkat kabupaten untuk verifikasi pada Agustus Minggu ke-dua baru akan diteruskan ke provinsi.

“Pengumpulan proposal kelompok usaha yang ada di Kabupaten Nunukan diperkirakan pada tanggal 13 Agustus 2021 terakhir dikumpulkan, setelah itu baru kita teruskan ke provinsi,” jelasnya.

Baca Juga :  Sebelum Bunuh Diri Rustam Sempat Mengancam Pacarnya, Dia Bilang Begini

Dia berharap dengan adanya proposal kelompok usaha yang ada di Kabupaten Nunukan bisa membantu mereka di masa pandemi Covid-19, yang kesulitan modal biaya dan pergerakan usahanya agar mendapatkan bantuan.

Berikut alur pengajuan bantuan pemerintah bagi pelaku usaha mikro dan usaha kecil pada masa pandemi Covid-19 dengan persyaratan persyaratan sebagai berikut ;

  1. Surat Permohonan.
  2. Pas Foto Berwarna.
  3. 3×4 cm.
  4. Biodata.
  5. Surat Pernyataan.
  6. FC KTP dan KK.
  7. FC IUMK/SKDU.
  8. FC NPWP (Kecil).
  9. FC Sertifikasi (Kecil).
  10. Dokumentasi Usaha dan Produk. (*)
Baca Juga :  Dorong Pemuda di Perbatasan Gabung Pramuka, Jadi Generasi yang Bertakwa

 

Reporter : Darmawan

Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *