oleh

Persiapan PPKM Level 4, Sanksi Pelanggar Prokes Masih Dipikirkan

benuanta.co.id, TARAKAN – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 akan segera diterapkan di Kota Tarakan. Tentunya, peran seluruh elemen masyarakat diharapkan bisa turut andil untuk mensukseskan skema PPKM, yang bertujuan menekan kasus penyebaran Covid-19 di Tarakan.

Salah satu peranan ini juga akan dilakukan oleh TNI-POLRI, yang turut terlibat langsung dalam menerapkan pengawasan PPKM level 4.

Dandim 0907 Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto mengharapkan PPKM ini nantinya akan menjadi bentuk penguatan dalam hal protokol kesehatan.

Baca Juga :  Ikuti UKW, Seluruh Wartawan Benuanta Dinyatakan Kompeten

“Jadi jangan menganggap bahwa PPKM level 4 nanti kita akan distop (kegiatan) sana – sini seperti di Jawa. Di sana kan aglomerasinya tinggi, kalau kita sudah jelas bandara dan pelabuhan begitu saja, kita membatasinya di situ. Jadi memang protokol kesehatan yang dikuatkan,” ujar Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto kepada benuanta.co.id, Selasa (27/7/2021).

Pada penguatan ini, Dandim bersama beberapa stakeholder terkait akan melakukan penguatan Prokes hingga tingkat RT di Bumi Paguntaka.

“Jadi kami Babinsa dan Bhabinkamtibmas itu melakukan penguatan di tingkat RT. Melihat permasalahannya, melihat gelaja-gejala di tingkat RT itu saya rasa lebih efektif daripada kita menutup atau menyekat kota,” katanya.

Baca Juga :  4 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Telah Dijalankan Prodi Teknik Elektro UBT

Lebih lanjut, Eko menerangkan telah memberikan beberapa usulan terkait sanksi sosial yang akan diterima masyarakat jika enggan melaksanakan Prokes.

“Sanksi sosial kita pikirkan kembali, apakah yang tidak pakai masker kita ajak pakai APD lalu menguburkan jenazah Covid. Atau bagaimana mendata orang-orang yang Covid di rumah sakit, ataukah bersih-bersih. Itu usulan saya pribadi dan masih berupa opsi juga ya, tetapi ini kan harus tetap dirapatkan (bersama) terlebih dahulu,” terangnya.

Baca Juga :  Kasus Melandai, Walikota Khairul Isyaratkan PPKM Bakal Turun Level

Selanjutnya, dalam pelaksanaan PPKM level 4 mendatang. Pemerintah kota Tarakan melalui TNI-POLRI juga selalu menghimbau protokol kesehatan bersama RT Tangguh dan Kampung Trengginas.

“PPKM level 4 nanti kita tetap bersama-sama bersinergi untuk RT Tangguh, terus Kampung Trengginas sama-sama turun ke bawah mengingatkan masyarakat untuk selalu protokol kesehatan,” tandasnya. (*)

Reporter : Endah Agustina

Editor : Yogi Wibawa/Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed