oleh

Gubernur Kaltara Serahkan Bantuan untuk Masyarakat Bunyu Terdampak Covid-19

benuanta.co.id-TANJUNG SELOR – Berkunjung ke Pulau Bunyu, Kecamatan Bunyu, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum. menyerahkan secara langsung bantuan tunai untuk para tokoh masyarakat dan agama, yang terdampak Covid-19.

Bantuan ini, merupakan tindak lanjut bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara yang sebelumnya telah disalurkan di Kabupaten Bulungan, Nunukan, Malinau, Tana Tidung dan Kota Tarakan, dengan total penerima bantuan sebanyak 430 orang terdiri dari tokoh masyarakat dan agama.

“Khusus untuk di Kabupaten Bulungan, kemarin saya minta agar penyerahan bantuan di Pulau Bunyu dipisah, karena saya ingin menyerahkan secara langsung dan bersilaturahmi dengan masyarakat di Pulau Bunyu,” kata Gubernur Zainal, Senin (26/7) saat memberikan sambutan.

Diakui Gubernur Zainal, seiring jalannya pembangunan dan roda pemerintahan selama ini tidak lepas dari peran serta lapisan masyarakat Kaltara, termaksud tokoh masyarakat dan agama yang juga turut merasakan dampak penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Lampaui Target Pelayanan KB, Kaltara Terima Penghargaan BKKBN Pusat

“Jadi, bantuan Covid-19 ini wujud kepedulian Pemprov Kaltara kepada tokoh masyarakat dan agama di seluruh Kaltara, dengan harapan penerima bantuan dapat terbantu dan bangkit di tengah situasi pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Selain menyerahkan bantuan tunai, Gubernur Zainal bersama Perum Bulog Tarakan di Pulau Bunyu turut menyerahkan secara simbolis bantuan dari Pemerintah Pusat, berupa bantuan Beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahun 2021.

Yang mana, dijelaskan Gubernur Zainal, bantuan tersebut diperuntukkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang terdampak PPKM di seluruh Kaltara, sesuai dengan data yang ada di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Di Kaltara akan disalurkan 301.46 ton Beras PPKM diperuntukan 30.146 keluarga, di mana setiap keluarga akan menerima bantuan 10 kg beras yang selanjutnya disalurkan PT Pos bekerjasama dengan Perum Bulog,” jelas Gubernur Zainal.

Baca Juga :  Gelar Pasukan Ops Patuh Kayan, Polres Bulungan Sasar Lokasi Rawan Laka dan Pengendara Langgar Prokes

Saat menyerahkan bantuan, Gubernur Zainal juga meminta sejumlah perusahan yang bergerak di bidang pertambangan di Pulau Bunyu, untuk dapat berperan aktif membantu masyarakat sekitar. Terlebih lagi, saat ini PPKM akan dilakukan perpanjangan hingga bulan Agustus 2021 mendatang.

“Mari kita saling tolong menolong, khusus perusahaan yang ada di Bunyu mari bantu warga sekitar, paling tidak meyiapkan masker dan menyosialisasikan taat protokol kesehatan (prokes) bagi masyarakat sekitar,” pinta Gubernur Zainal.

Tidak hanya itu, di tengah semakin tingginya jumlah penderita Covid-19, Gubernur Zainal berpesan, masyarakat Kaltara tetap mematuhi prokes. Mengingat, jumlah kasus Covid-19 di Kaltara hingga per 24 Juli 2021 mencapai 18.203 kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Baca Juga :  Kaltara Berangkatkan 31 Atlet ke PON XX Papua

“Saya harap tetap patuhi prokes (protokol kesehatan) 5M, khusus yang dinyatakan positif Covid-19 saya minta jangan cemas dan takut, mari hadapi Covid-19 dengan semangat sehingga imun tubuh kita tetap terjaga,” harapnya.

Usai menyerahkan bantuan kepada tokoh masyarakat dan agama di Pulau Bunyu, Gubernur Zainal turut meyerahkan bantuan bagi korban kebakaran, yang terjadi pada 24 Juli 2021 kemarin atas nama Fadliansyah.

Berikut rincian penerima bantuan tunai Pemprov Kaltara bagi tokoh masyarakat dan agama di lima Kabupaten/Kota se-Kaltara.

  • Kabupaten Bulungan 128 orang
  • Kabupaten Malinau 91 orang
  • Kota Tarakan 91 orang
  • Kabupaten Nunukan 73 orang
  • Kabupaten Tana Tidung 47 orang
  • Total penerima bantuan 430 orang

Sumber: Biro Adpim Pemprov Kaltara

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed