oleh

BPJS Kesehatan Imbau Masyarakat Manfaatkan Layanan Non Tatap Muka

TARAKAN – BPJS Kesehatan Cabang Tarakan mengimbau seluruh masyarakat Tarakan untuk tetap memanfaatkan layanan tanpa tatap muka secara online, untuk meminimalisir kegiatan yang mengundang kerumunan di masa Pandemi Covid-19.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tarakan, Kemas R. Kurniawansyah menjelaskan, terdapat berbagai macam pilihan layanan tanpa tatap muka secara online yang dapat diakses seluruh seluruh masyarakat Tarakan. Yang pertama, peserta dapat mengakses layanan Mobile JKN. Mobile JKN merupakan layanan berbasis aplikasi yang dapat di unduh melalui Playstore maupun Appstore. Kemas menjelaskan, melalui aplikasi Mobile JKN peserta dapat melakukan pendaftaran peserta baru, perubahan data, informasi dan pengaduan.

“Peserta yang butuh melakukan pencetakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di masa pandemi juga bisa memanfaatkan KIS Digital yang ada di aplikasi Mobile JKN ini. Jadi tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan, tinggal tunjukkan dari aplikasi saja dan bisa mendapatkan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan,” terang Kemas pada Jumat (23/07/2021).

Baca Juga :  Daftar Khatib Jumat 24 September di Masjid Wilayah Tarakan

Lebih lanjut Kemas menjelaskan, terdapat juga layanan PANDAWA atau Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp. Layanan berbasis pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp ini juga mengakomodir masyarakat untuk melakukan perubahan data peserta. Mekanisme dari layanan PANDAWA ini adalah peserta tinggal mengirimkan pesan melalui nomor PANDAWA yang telah tersedia untuk selanjutnya akan dihubungi kembali oleh admin yang ada di masing-masing kantor cabang.

“Untuk masyarakat Tarakan bisa menghubungi Layanan PANDAWA BPJS Kesehatan Cabang Tarakan di nomor 082252789821. Layanan PANDAWA ini beroperasional pada hari kerja Senin-Jumat mulai pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WITA,” tambah Kemas.

Baca Juga :  Vaksinasi Merdeka dan Pemberian Sembako di Gedung Wanita kepada 1.000 Warga

Lebih lanjut Kemas menjelaskan, untuk layanan online BPJS Kesehatan juga memberikan pilihan akses melalui Care Center BPJS Kesehatan di nomor 1500400 dan layanan Chat Assistant JKN (CHIKA) di nomor 08118750400. Kemas berharap, dengan mengakses layanan tanpa tatap muka yang disediakan oleh BPJS Kesehatan, masyarakat Tarakan akan lebih mudah dan praktis dalam pengurusan administrasi serta dapat memutus rantai penyebaran virus.

Banyak masyarakat telah mengakses layanan online BPJS Kesehatan, salah satunya adalah Dessy (28). Dessy mengungkapkan, layanan administrasi secara online sangat bermanfaat apalagi pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Salah satunya yang aktif ia gunakan adalah layanan PANDAWA. Akses layanan administrasi JKN-KIS ini  cukup mudah dilakukan hanya dengan chat via aplikasi Whatsapp.

Baca Juga :  Masak Nasi Ditinggal Belanja, Si Jago Merah Nyaris Hanguskan Cafe Galileo

“Saya chat PANDAWA, memang tidak dibalas saat itu juga tapi menurut saya ya masih wajar karena kan memang yang mengakses banyak dan sesuai antrean. Dan menurut saya layanan ini sangat membantu sekali, apalagi saat Pandemi kita harus meminimalisir untuk keluar rumah dan menghindari kerumunan. nah layanan via online ini adalah pilihan yang tepat karena bisa dilakukan dari rumah,” ungkapnya. (adv/oki)

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed