oleh

Cegah Pemalsuan Dokumen Swab, Kapolres Malinau Minta Personelnya Periksa Lebih Teliti

benuanta.co.id, MALINAU – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Malinau, memperketat pengawasan dokumen perjalanan disejumlah posko perbatasan. Hal ini dilakukan lantaran tak ingin kecolongan perihal oknum pembuat surat Swab palsu, yang terungkap di Tarakan beberapa waktu lalu.

Meski selama ini pengawasan yang berjalan diklaim sudah sangat ketat. Namun untuk mencegah hal serupa terjadi, Kapolres Malinau, AKBP Agus Nugraha, SH, MH, SIK, meminta sejumlah personel penjagaannya untuk lebih teliti dalam memeriksa dokumen perjalanan orang yang hendak melintas di pintu masuk Malinau.

“Setiap dokumen akan personel kita teliti dengan baik dan agar kejadian serupa tidak terjadi. Karena dari dulu kita juga sudah mengantisipasi hal ini untuk terjadi di Malinau,” kata AKBP Agus Nugraha, Senin (26/7/2021).

Baca Juga :  20 Tahun Partai Demokrat, Kader DPC Demokrat Bagikan Ratusan Sembako ke Nakes dan Warga

Sejak pandemi Covid-19 terkonfirmasi, sejalan dengan ketatnya pengawasan di jalur masuk Bumi Intimung. Kapolres mengungkapkan, pihaknya belum pernah menemukan ataupun menerima laporan mengenai adanya pemalsuan dokumen swab.

“Hingga saat ini belum ada dan kemungkinan masyarakat Malinau juga tidak berani melakukannya. Tetapi pemeriksaan terhadap dokumen perjalanan tetap kita periksa dengan teliti,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tinjau Aktivitas PTMT, Kadisdik Malinau Sampaikan Seluruh Sekolah Siap PTMT

Perwira melati dua ini pun menegaskan, jika ada oknum berani mengunakan dokumen palsu, bisa dikenakan pasal pemalsuan dokumen dengan ancaman pidana maksimal 8 tahun penjara.

“Sudah jelas hal itu akan melanggar pasal 364 KUHP dengan ancaman 8 tahun pidana. Jadi saya harap, masyarakat berpikir lagi jika ingin memalsukan dokumen perjalanan. Tetap ikuti aturan dan jangan lakukan perjalanan jika memang tidak diperbolehkan,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  Renovasi Hampir Selesai, RSUD Malinau akan Buka Dilengkapi Laboratorium PCR Sendiri

Reporter : Osarade

Editor : Yogi Wibawa

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed