oleh

Bank Sampah Binaan PT Medco E&P Tarakan Menjadi yang Terbaik di Provinsi Kalimantan Utara

benuanta.co.id, TARAKAN – Sebagai wujud komitmen di bidang lingkungan dan dukungan terhadap program Pemerintah Kota Tarakan yaitu Sampah Semesta Mandiri, maka PT Medco E&P Tarakan melakukan membina dan mendampingi program “Bank Sampah”.

Sejak 2019 sampai sekarang, terdapat 2 Bank Sampah yang dibina dan didampingi oleh PT Medco E&P Tarakan bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup kota Tarakan dan kelurahan setempat dimana Bank Sampah itu berada. Kedua Bank Sampah tersebut yaitu Bank Sampah “KSM BAIS” yang berlokasi di kelurahan Karang Balik dan Bank Sampah “TIS-KEBAL” yang berlokasi di kelurahan Pamusian.
Bank Sampah “KSM BAIS” dan “TIS-KEBAL” bertujuan untuk:

1. Mengajak masyarakat untuk memilah sampah rumah tangga secara mandiri dengan 3R.

Baca Juga :  Deddy Sitorus Kembali Distribusikan Vaksin bagi Warga Tarakan

2. Mengajak masyarakat mengubah sampah menjadi berkah (bernilai ekonomi).

3. Mengurangi beban TPA Hake Babu yang sudah over kapasitas.

“Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, maka PT Medco E&P Tarakan bersama-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tarakan melakukan edukasi pemilahan sampah 3R melalui berbagai media: siaran langsung di RRI Tarakan, Sosialisasi Bank Sampah dan lomba melukis tong sampah di Kelurahan Mamburungan Timur dan Mamburungan,” ungkap Yuli Iskandar, selaku Pendamping Lapangan Community Development PT Medco E&P Tarakan.

Baca Juga :  Kapolres Kukuhkan Rahmadi Selaku Ketua KBPP Polri Tarakan Masa Bhakti 2021-2026

“Hasilnya sangat positif terdapat beberapa RT yang mulai memilah sampah rumah tangga dengan 3R dan mendaftar menjadi nasabah Bank Sampah sehingga terjadi peningkatan jumlah nasabah dari 97 orang menjadi 150 orang,” lanjutnya.

Pada 11 Juli 2021, kedua Bank Sampah binaan PT Medco E&P Tarakan  mengikuti lomba “Bank Sampah” yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Kalimantan Utara.

Baca Juga :  Sempat Dikabarkan Hilang, Balita 4 Tahun Ditemukan di Tempat Penjual Gorengan

Adapun tahapan lombanya: penginputan data sampah yang dikelola, jumlah nasabah dan profile bank sampah. Setelah melewati semua tahapan lomba akhirnya Bank Sampah binaan PT Medco E&P Tarakan meraih juara 1 bagi ank Sampah “KSM BAIS dan juara 2 untuk ank Sampah TIS-KEBAL. (*)

Sumber: Press Release PT Medco
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *