Penguasaan Sarparas Jadi Keberhasilan Operasi SAR

benuanta.co.id, TARAKAN – Alat utama (Alut), sarana dan prasarana (Sarpras) menjadi fokus utama Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Tarakan, saat melakukan Pelatihan SAR Daerah (Latsarda) dan Pelatihan Potensi SAR 2021 yang berlangsung di Pantai Amal.

Kepala Kansar Tarakan, Amiruddin A.S, Sos menekankan dengan dilaksanakannya latihan ini, SAR Gabungan dapat melakukan pengecekan terhadap kesiapan sarana dan prasarana yang sewaktu-waktu digunakan untuk pelaksanaan SAR yang sesungguhnya.

“Kesulitan operasi SAR di perairan biasanya terdapat pada kesiapan kita (SAR gabungan) menyiapkan sarana dan prasarana. Dengan latihan ini kita bisa melihat kekurangan dan kelebihan kita untuk dibenahi dengan baik ke depan,” ungkap Amiruddin pada Sabtu, 17 Juli 2021.

Baca Juga :  Pj Wali Kota Tarakan Lakukan Prosesi Penerimaan Secara Adat

Peralatan yang digunakan dalam simulasi tersebut yakni alut operasi laut Rigit Inflatable Boat (RIB) dan kapal penyelamatlan yang dilengkapi dengan Water Canon.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Komandan Lantamal XIII Laksma TNI Edi Krisna Murti yang didampingi Asrena, Asops, Asintel, Dansatrol Lantamal XIII dan Wadan Yonmarhanlan XIII. (*)

Reporter : Kristianto Triwibowo
Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *