oleh

Perbesar Kapasitas Lapas Tarakan, TGUPP Bidang Hukum : Perlu Dukungan Semua Pihak

TARAKAN – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan nampaknya akan mendapatkan angin segar, setelah adanya dukungan untuk memperbesar kapasitas Lapas Tarakan.

Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) bidang Hukum, Mukhlis Ramlan, S.E.,S.H menilai perbaikan Lapas tersebut dibutuhkan dukungan semua pihak terutama Komisi III DPR RI dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham.

Pasalnya, Lapas Tarakan sejatinya hanya memiliki daya tampung berkisar 410 orang, namun pada Minggu, 4 Juli 2021 lalu, jumlah penghuni Lapas Tarakan berada diangka 1.250 orang, atau bertambah lebih dari 303 persen.

“Selain dukungan Pemerintah Provinsi Kaltara, percepatan pembangunan Lapas ini diperlukan dukungan APBN dari pemerintah pusat dan juga DPR RI, kami TGUPP siap mengawal” jelas dia kepada benuanta.co.id pada Jumat, 16 Juli 2021.

Baca Juga :  Pertamina: Beli BBM di SPBU Jual Kembali Tidak Dibenarkan

Dirinya mengatakan, diperlukan laporan dan paparan teknis mengenai over kapasitas Lapas Kelas II A Tarakan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltim dan Pemprov Kaltara.

Ia menyoroti betapa tidak layaknya Lapas yang over kapasitas tersebut, Lapas yang merupakan tempat pembinaan pada akhirnya diharapkan dapat memberikan perubahan moral dan karakter yang lebih baik kepada warga binaan.

“Lapas harus baik soalnya di dalam ada pembinaaan. Lihat saja di dalam itu ada tempat ibadah, tempat pembinaan, tempat istirahat dan mereka tentu memiliki karya selama mengisi waktu saat pembinaan,” cetusnya.

Baca Juga :  Sambut HUT Kaltara, IESPA Gelar Tournament Mobile Legend

Advokat tersebut bakal menaruh perhatian penuh pada perbaikan Lapas tersebut. Baginya, Lapas merupakan garda terdepan untuk merubah yang tidak baik menjadi manusia-manusia yang kreatif dan terbangun.

“Para warga binaan sejatinya dimanusiakan, tidak ditumpuk apalagi masa pandemi Covid-19. Mereka (warga binaan) ketika keluar Lapas harus lebih baik lagi, nah itu bergantung kalau Lapas memberikan pelayanan yang prima. Jangan sampai mereka keluar malah kembali ke masa kelam,” ujarnya yang juga pernah berkunjung ke Lapas Kelas II A Tarakan.

Baca Juga :  Kondisi Pukat Rusak, KNTI Kaltara Pastikan Urunan Membantu Sanusi

Kepala Lapas Kelas II A Tarakan, Yosef Benyamin Yambise menerangkan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar pembenahan pembangunan Lapas tersebut dapat segera dilangsungkan.

“Kami bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kaltim dua minggu yang lalu bertemu dengan Pak Gubernur Kaltara, Pak Kapolda untuk meminta dukungan pembangunan Kanwil baru. Kanwil Kaltara dan juga Lapas di wilayah Kabupaten Bulungan,” ujar Yosef Benyamin Yambise kepada benuanta.co.id, Minggu (4/7/2021) lalu. (*)

Reporter : Kristianto Triwibowo
Editor : Nicky Saputra

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *