oleh

Kejar RPJMD, Pemkab Malinau Gelar Rapat Konsultasi Bersama Pemprov Kaltara

benuanta.co.id, MALINAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau menggelar rapat konsultasi bersama dengan pemerintah provinsi Kalimantan Utara, terkait dengan rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 20211-2026.

Rapat konsultasi itu dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau, Dr. Ernes Silvanus,. M. Si dan dilaksanakan secara virtual diruang rapat kantor Pemkab Malinau (16/07/2021).

Usai kegiatan saat ditemui awak media Sekda Malinau Dr. Ernes Silvanus,. M.Si, melalui kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(Bappeda) Dr. Kristian,. M. Si mengatakan kegiatan rapat konsultasi RPJMD ini, merupakan bagian dari administrasi dari RPJMD, yang seharusnya dilakukan di kantor pemerintah provinsi Kaltara.
Namun karena ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Pemkab Malinau, rapat konsultasi RPJMD pun harus dilakukan secara virtual.

“Seharusnya kita yang ke provinsi untuk konsultasi masalah ini, karena sebelum membuat RPJMD untuk daerah kita harus menghadap Bappeda provinsi atau gubernur secara langsung. Tapi karena Covid-19, kita pun meminta agar konsultasi ini dilakukan secara virtual,” kata Kristian.

Dalam proses pembuatan RPJMD, Kristian menjelaskan setiap Organisasi Perangkat Daerah(OPD) Malinau sudah wajib membuat RPJMD untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah.

Namun sebelum RPJMD itu sah, Pemkab Malinau harus menyerahkan RPJMD kepada pihak provinsi untuk dilakukan revisi dan dari hasil revisi itulah, nantinya setiap OPD akan melakukan kajian kembali untuk menentukan rancangan apa saja yang nantinya harus diprioritaskan.

“Jika nantinya sudah direvisi oleh pihak provinsi, nanti kita akan kembali melakukan rapat bersama untuk mengkaji RPJMD yang sudah direvisi,” tuturnya.

“Setelah itu, kita akan kembali melakukan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan RPJMD bersama dengan OPD terkait, hingga sampai kegiatan puncak yakni, Musrenbang Malinau,”tutupnya.(*)

Reporter : Osarade
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *